Sakit Pinggang saat Kehamilan, Apa Penyebabnya?

Endah Wijayanti21 Agu 2019, 10:56 WIB
sakit pinggang saat hamil

Fimela.com, Jakarta Merasakan dan mengatasi keluhan-keluhan yang terjadi saat kehamilan memang tak mudah. Mulai dari morning sickness, payudara nyeri, konstipasi, kram, dan sakit pinggang. Sakit pinggang menjadi salah satu keluhan yang paling umum dan banyak dialami ibu hamil. Bahkan saat sedang istirahat, rasa nyerinya masih terasa.

Apa yang menyebabkan sakit pinggang saat kehamilan? Dokter Irfan Rahmatullah, Sp.OG dan dr. Nurcholid Umam Kurniawan, M.Sc. Sp.A dalam buku 9 Bulan Menjalani Kehamilan dan Persalinan yang Sehat menjelaskan bahwa penyebab sakit pinggang ini karena kadar hormon progesteron yang tinggi saat kehamilan akan melemaskan otot-otot tulang panggul. Karena hal tersebut, akibatnya otot panggul akan lebih mudah meregang, sehingga memudahkan untuk dilewati bayi saat persalinan. Akan tetapi, efek dari peregangan ini otomatis akan menimbulkan nyeri di pinggang. Dalam kondisi sedang istirahat, nyeri pada pinggang pun kadang tak kunjung hilang.

 

Redakan Nyeri Pinggang dengan Pijatan dan Stretching

Ibu hamil olahraga
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Sakit pinggang ini umumnya terjadi setelah berdiri terlalu lama atau setelah beranjak dari posisi duduk. Rasa sakitnya biasanya dirasakan sebagai ketidaknyamanan di punggung bawah. Kadang rasa nyerinya terasa di bagian pantat dan menjalar hingga ke kaki. Keluhan ini memang sangat tak nyaman. Tapi tak usah terlalu panik sebab keluhan yang dialami ibu hamil ini tidak memiliki risiko bahaya terhadap bayi dalam kandungan.

Untuk meredakan sakit pinggang ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Pijatan di punggung bisa bantu meringankan rasa nyerinya. Olahraga ringan atau peregangan (stretching) tulang belakang juga bisa dilakukan. Selain itu, mengikuti kelas hamil secara rutin juga bisa bantu meredakan nyeri dan sakit pinggang dengan cukup efektif.

Penuhi kebutuhan cairan dengan baik setiap harinya. Lakukan olahraga atau aktivitas rutin yang baik selama kehamilan. Selain itu, selalu periksakan diri dengan rutin ke bidan atau dokter kandungan untuk mengatasi keluhan selama kehamilan, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓