Ibu Hamil Kebanyakan Makan Junk Food, Ini Dampaknya pada Bayi

Endah Wijayanti27 Agu 2019, 08:05 WIB
ibu hamil junk food

Fimela.com, Jakarta Ibu hamil perlu menjaga pola makan sehat yang lebih baik. Demi kesehatan janin dan kelancaran kehamilan hingga persalinan, pola makan harus betul-betul dijaga dengan baik. Bahkan semua yang dikonsumsi ibu selama kehamilan bisa memengaruhi pola makan anak.

Jika selama hamil, ibu sering makan junk food, maka anak ketika tumbuh besar nanti bisa kecanduan junk food. Dikutip dari buku 9 Bulan Menjalani Kehamilan dan Persalinan yang Sehat, saat bayi dalam kandungan menginjak 7 bulan atau 28 minggu, dia sudah bisa merasakan rasa makanan yang dikonsumsi ibu. Bayi dalam kandungan akan menyimpan berbagai macam rasa di setiap makanan yang disantap ibu.

Untuk mengajari pola makan yang baik, kita bisa memulainya saat bayi masih dalam kandungan. Jika ingin anak kelak suka makan sayur, maka saat hamil ibu perlu makan banyak sayur. Akrabkan dan biasakan diri mengonsumsi makanan sehat selama kehamilan agar anak kelak juga mudah diarahkan untuk memilih makanan sehat bernutrisi.

 

Jaga Pola Makan Sehat

Kehamilan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Sejumlah ahli berpendapat, keakraban rasa ini juga dapat membantu saat ibu menyusui. ASI untuk bayi seperti diet yang dia konsumsi. Dengan kata lain, apa yang ibu makan saat menyusui, itu juga yang bayi rasakan saat dia menyusu. Maka dari itu, perlu bagi kita membiasakan diri memilih makanan yang bergizi dan bernutrisi selama kehamilan dan masa menyusui. Sebab pengaruhnya terhadap tumbuh kembang dan kebiasaan pada anak akan sangat besar.

Bila ibu sudah kecanduan junk food saat kehamilan, maka jangan kaget bila anak yang tumbuh besar nanti juga bisa kecanduan junk food. Jadi, harus benar-benar lebih baik lagi dalam menjaga pola makan yang bergizi selam kehamilan, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓