Pentingnya Memberi ASI Ekslusif Pada Bayi Hingga Usia 6 Bulan

Mimi Rohmitriasih26 Agu 2019, 11:35 WIB
Menyusui

Fimela.com, Jakarta ASI atau Air Susu Ibu merupakan asupan nutrisi penting bagi buah hati terutama buatnya yang masih berusia di bawah 6 bulan. Pertumbuhan bayi bisa ditentukan oleh nutrisi yang diserap oleh tubuhnya.

Semakin baik asupan nutrisi yang terserap oleh tubuh, tumbuh kembang bayi akan semakin baik. Sementara itu, ASI merupakan asupan nutrisi terbaik untuk bayi.

Melansir dari laman parents.com, bayi yang mengonsumsi ASI eksklusif selama 6 bulan, pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya akan jauh lebih baik. Bayi ini juga akan memiliki berat badan ideal saat ia tumbuh jadi anak-anak, remaja hingga dewasa.

Pentingnya ASI Eksklusif untuk Bayi

Menyusui
ilustrasi/copyright shutterstock.com

Bayi yang mengonsumsi ASI eksklusif selama 6 bulan setelah kelahirannya akan memiliki tumbuh kembang yang baik. Bayi ini juga akan lebih sehat dan kebal terhadap berbagai risiko penyakit.

Para ahli mengungkapkan jika bayi yang diberi ASi eksklusif di enam bulan pertama pertumbuhannya, saat beranjak anak-anak kemungkinan besar akan mengalami keterlambatan pertambahan berat badan dan tinggi badan, namun Mom tak perlu khawatir. Kondisi ini merupakan kondisi yang wajar.

Selain meningkatkan kualitas tumbuh kembang bayi, pemberian ASI ekskluasif juga akan membuat perkembangan otak anak jadi lebih baik. Peneliti menyebutkan jika anak dengan asupan ASI eksklusif bisa memiliki otak cerdas.

Mengingat akan pentingnya pemberian ASI eksklusif, usahakan agar Mom memberikan ASI eksklusif dengan baik ke buah hati. Pastikan juga jika Mom memiliki asupan nutrisi sehat dan tercukupi setiap harinya salama hamil hingga menyusui.

#GrowFearless with FIMELAless

Lanjutkan Membaca ↓