Janin dalam Posisi Lintang, Apa Saja yang Perlu Diketahui?

Endah Wijayanti26 Agu 2019, 17:40 WIB
hamil tua

Fimela.com, Jakarta Selama ini mungkin kita lebih familier dengan istilah posisi sungsang pada kasus kehamilan dengan janin yang posisi kepalanya masih di atas. Tapi selain sungsang, ada juga posisi lintang. Posisi lintang adalah posisi kepala janin berada pada posisi samping kanan atau kiri.

Seperti yang diungkapkan di buku 9 Bulan Menjalani Kehamilan dan Persalinan yang Sehat, letak lintang adalah posisi bayi dengan kepala bayi berada di kiri atau kanan perut dan letak kaki janin berada di posisi sebaliknya dari letak kepala. Umumnya letak lintang ini hanya sementara.

Sering Terjadi di Usia Kehamilan 7 Bulan

Letak lintang sering terjadi di usia kehamilan 7 bulan hingga akhir bulan ke-8. Biasanya terjadi hanya sementara dan kemudian janin akan perlahan-lahan berputar dengan kepala mengarah ke bawah masuk ke rongga panggul. Hanya saja jika posisi lintang berlanjut sampai kehamilan 9 bulan, posisinya akan menetap hingga akhir kehamilan. Penyebab lintang hampir sama dengan penyebab letak sungsang, seperti letak plasenta yang menutupi jalan lahir, kehamilan dengan kista atau mioma, dan kehamilan dengan volume air ketuban berlebihan.

 

Knee Chest Position Bisa Menjadi Upaya untuk Memperbaiki Posisi Lintang

janin dalam posisi sungsang
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Knee chest position bisa dilakukan sebagai upaya untuk mengubah posisi lintang janin secara alami. Knee chest position merupakan usaha alami untuk mengubah posisi sungsang bayi secara alami. Knee chest position hampir seperti posisi sujud pada umumnya. Bedanya posisi kedua tangan menempel pada lantai dan pipi kiri (atau pipi kanan) ditempelkan di lantai atau matras. Bisa dibilang posisi ini mirip seperti posisi nunggung. Dapat dilakukan empat atau lima kali sehari sebagai upaya memperbaiki posisi sungsang janin.

Persalinan Harus dengan Operasi Caesar bila Posisi Lintang Tak Berubah

Karena sumbu panjang bayi melintang, kepala bayi akan berada di samping kiri atau samping kanan perut. Pada kondisi posisi lintang ini, bagian terbawah janin yang masuk panggul adalah tangan atau bahu janin. Akibatnya kadang membuat rasa nyeri di daerah jalan lahir.

Apabila letak lintang bertahan sampai kehamilan sembilan bulan, maka persalinan harus dilakukan secara operasi Caesar. Dokter mungkin akan menyarankan agar operasi Caesar dilakukan lebih awal 2 minggu dari hari perkiraan lahir. Selalu diskusikan dan konsultasikan secara rutin masalah ini dengan dokter untuk mendapat penanganan yang terbaik.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓