4 Makanan Mentah yang Perlu Dihindari Ibu Hamil

Endah Wijayanti30 Agu 2019, 09:39 WIB
diabetes gestasional

ringkasan

  • Telur Mentah
  • Daging Mentah
  • Ikan Mentah
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Ibu hamil perlu menjaga pola makan yang lebih sehat. Selain perlu memaksimalkan konsumsi makanan sehat, ada juga beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari. Khususnya sejumlah jenis makanan yang masih mentah.

Setidaknya ada tiga jenis makanan mentah yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Apa saja? Berikut infonya.

1. Telur Mentah

Seperti yang dilansir dari parent24.com, telur mentah dan makanan yang diolah dengan telur mentah bisa mengandung bakteri berbahaya, salmonela. Beberapa jenis mayonaise rumahan dan salad dressing bisa saja mengandung telur mentah dan perlu dihindari. Ibu hamil boleh mengonsumsi telur tapi yang sudah benar-benar dimasak hingga matang.

2. Daging Mentah

Risiko keracunan makanan sangatlah tinggi pada ibu hamil. Daging mentah atau daging setengah matang sebaiknya tak dikonsumsi selama kehamilan. Berbagai jenis daging perlu dimasak sampai benar-benar matang untuk menghindari risiko keracunan makanan.

 

3. Ikan Mentah

ikan asin ibu hamil
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Ikan mengandung protein yang baik untuk ibu hamil. Tapi ibu hamil sebaiknya tak mengonsumsi ikan mentah. Apalagi ikan yang mengandung merkuri tinggi harus benar-benar dihindari karena bisa mengganggu perkembangan sistem saraf bayi. Boga bahari jenis kerang-kerangan (shellfish) pun perlu dihindari jika ibu merasa memiliki alergi terhadap jenis seafood tersebut.

4. Susu Mentah

Susu mentah yang belum dipasteurisasi sebaiknya tak dikonsumsi. Bila akan meminum susu murni, pastikan sudah direbus dengan baik. Hindari juga keju yang belum dipasteurisasi karena dikhawatirkan mengandung bakteri listeria yang dapat menyebabkan listeriosis hingga keguguran.

Buah dan sayuran yang akan dikonsumsi sebaiknya selalu dicuci bersih. Bila punya alergi terhadap jenis makanan tertentu, berkonsultasilah ke bidan atau dokter agar bisa mengatur pola makan yang lebih tepat.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓