3 Sinyal Persalinan dan Perlu Segera ke Rumah Sakit

Endah Wijayanti08 Sep 2019, 13:15 WIB
tanda akan melahirkan

ringkasan

  • Keluarnya Lendir Darah dari Jalan Lahir
  • Ketuban Sudah Pecah
  • Kontraksi Perut yang Sudah Teratur
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Mengetahui hari perkiraan lahir sangatlah penting agar kita bisa lebih waspada ketika sudah memasuki fase persalinan. Ketika sudah waktunya melahirkan, tubuh akan memberi sejumlah tanda khusus. Mengetahui tanda-tandanya sedari dini akan sangat membantu kita mendapatkan proses persalinan yang lancar.

Salah satu tanda yang paling umum adala rasa kencang-kencang di perut, kadang sampai menjalar ke pinggang. Dikutip dari buku 9 Bulan Menjalani Kehamilan dan Persalinan yang Sehat, ada tiga tanda utama yang menjadi sinyal kita perlu segera ke rumah sakit. Selengkapnya, langsung simak saja infonya di sini.

1. Keluarnya Lendir Darah dari Jalan Lahir

Ini adalah petunjuk memasuka fase (laten) persalinan. Lendir darah menandai pembukaan leher rahim. Pada saat mengalami hal ini, tak perlu panik berlebihan sebab masih cukup banyak waktu untuk mempersiapkan diri ke rumah sakit. Jadi, fase persalinan terbagi dua, yaitu fase laten dan fase aktif. Pada fase laten, tandanya adalah pembukan satu sampai empat. Fase aktif dimulai pembukaan 4 sampai pembukaan lengkap atau 10. Nah, fase laten itu sendiri bisa berlangsung selama 20 jam. Hal itulah yang menyebabkan lendir darah sudah keluar.

 

2. Ketuban Sudah Pecah

Jangan Remehkan Anemia pada Ibu Hamil (Nd3000/Shutterstock)
lustrasi. (Nd3000/Shutterstock)

Air ketuban bisa keluar saat menjelang persalinan. Tapi bisa juga pecah saat jauh-jauh hari sebelum persalinan. Yang pasti bila sudah merasakan ketuban pecah, perlu segera ke dokter. Kontraksi perut yang mulai kuat dan sering akan menimbulkan robekan pada selaput ketuban sehingga air ketuban akan peah dan mengalir keluar dari jalan lahir.

3. Kontraksi Perut yang Sudah Teratur

Bila kontraksi perut yang dirasakan muncul teratur dan makin lama makin kuat dengan durasi makin lama, maka segeralah ke rumah sakit. Apalagi jika kontraksi sudah disertai dengan keluarnya lendir darah, jangan ditunda lebih lama lagi. Kontraksi yang sudah teratur dan muncul setiap sepuluh menit sekali serta makin lama makin kuat bisa menjadi tanda persalinan.

Bila mengalami gejala dan tanda tersebut tak perlu langsung panik. Cobalah untuk tetap tenang agar proses persalinan bisa lebih lancar. Semoga info ini bermanfaat, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓