Sukses

Parenting

FIMELA FEST 2019: 3 Faktor yang Perlu Dipahami dalam Mindful Parenting

Fimela.com, Jakarta Berbicara soal pola asuh anak, mindful parenting sedang menjadi topik pembahasan di banyak tempat. Pola asuh anak dengan metode mindful parenting dirasa perlu dilakukan untuk orangtua jaman sekarang untuk pertumbuhan mental dan emosional sang anak.

Melansir dari Gottman pada Rabu (18/9/2019) dalam mindful parenting terhadap tiga faktor utama. Apa saja?

1. Perhatikan perasaan sendiri ketika berkonflik dengan anak

Ketika sedang berargumen dengan anak, pikirkan perasaan apa yang mendorong terjadinya argumen. Apakah karena marah? Atau malu? Usahakan untuk tidak menghalangi atau menghentikan emosi anak. Jangan juga menghakimi atau menolak. Ingat bahwa kamu tidak perlu menyalahkan diri sendiri atau anak atas apa yang terjadi.

Cobalah untuk melihat konflik dari kacamata anak. Ketika kamu tidak bisa melihat hal yang baik dari pertengkaran itu dengan sang anak, pikirkan jika kamu berada di posisi anakmu.

 

 

2. Mengontrol diri sebelum merespon dengan marah

Bagian yang paling menantang adalah tetap tenang ketika marah. Fokuskan diri pada tubuh dan pola bernapas karena emosi bisa direndam dengan perubahan fisiologis yang menurunkan respon reflek kita.

Ketika kamu dapat mengontrol dan menahan respon, tubuh dan pikiran akan kembali sejalan untuk memilih respon mana yang akan diberikan. Mengingatkan diri untuk bernapas secara normal.

3. Dengarkan anak secara cermat

Tidak semua anak bisa mengelola perasaan mereka. Anak masih dalam tahap belajar dan memiliki prioritas yang berbeda dari yang kita lakukan. Mulailah untuk mendengarkan anak dengan seksama dan biarkan emosi terungkap dari dirinya.

Setelah itu, posisikan anak untuk mau mendengarkan orangtua dengan seksama. Sehingga menata kembali pikiran yang sekiranya salah di benak anak.Ingin tahu lebih banyak soal mindful parenting? Yuk, daftarkan diri kamu di sini untuk mendapatkan tiket FIMELA FEST 2019.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading