4 Manfaat Menyusui pada Ibu yang Memberi ASI

Endah Wijayanti03 Okt 2019, 15:36 WIB
Diperbarui 03 Okt 2019, 15:36 WIB
Menyusui

ringkasan

  • Membantu Involusi Rahim
  • Menunda Kehamilan
  • Menurunkan Risiko Kanker Payudara dan Kanker Rahim
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Bayi yang mendapat ASI eksklusif bisa mendapat banyak manfaat positif. Tumbuh kembangnya bisa lebih optimal dan sistem kekebalan tubuhnya lebih kuat. Selain bayi yang mendapat ASI, ibu yang memberi ASI juga mendapat sejumlah manfaat dari aktivitas menyusui ini.

Menyusui memberi manfaat yang sangat positif baik pada bayi maupun pada ibu yang menyusui. Selain dapat meningkatkan kedekatan emosional antara ibu dan buah hati, menyusui juga dapat memberi sejumlah manfaat positif pada ibu. Selengkapnya, langsung saja simak infonya di sini.

1. Membantu Involusi Rahim

Involusi adalah perubahan bagian tubuh kembali ke ukuran normal (seperti rahim yang kembali mengecil sesudah bersalin). Pada ibu yang menyusui, seperi yang dilansir dari moscove.com, rahim bisa berkontraksi lebih baik dan dapat lebih mudah kembali ke ukuran semula. Hormon oksitosin yang dilepas selama proses menyusui memudahkan proses ini.

2. Menunda Kehamilan

Menyusui yang rutin dapat menekan proses ovulasi, menstruasi, dan kehamilan. Menyusui bahkan disebut-sebut sebagai "KB alami". Tapi tetap perlu berhati-hati juga meski selama masa menyusui tidak mengalami menstruasi. Pil KB bisa berpengaruh pada produksi ASI. Jadi, sebaiknya untuk selalu berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu bila berencana akan minum pil KB atau menggunakan alat kontrasepsi tertentu.

 

 

3. Menurunkan Risiko Kanker Payudara dan Kanker Rahim

tips menyusui
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Kiwis

Ibu yang menyusui menurunkan risiko mengalami kanker payudara dan kanker rahim. Risiko penyakit seperti diabetes juga menurun sebanyak 4-12 persen pada ibu untuk setiap satu tahun masa menyusui.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ibu menyusui membutuhkan 500 kalori selama masa pemberian ASI. Meski menyusui mungkin meningkatkan nafsu makan, tapi berat badan bisa menurun lebih cepat. Menyusui juga bisa memberi waktu untuk istirahat sembari meningkatkan kedekatan emosi dengan buah hati tercinta.

Menyusui bisa memberi banyak manfaat baik pada bayi maupun ibu. Selama masa pemberian ASI, kita perlu melakukannya dengan sebaik mungkin sebab ini momen yang istimewa.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓