4 Kejadian dalam Keluarga Ini Punya Efek Kesehatan Mental Seumur Hidup!

Febi Anindya Kirana10 Okt 2019, 16:04 WIB
keluarga

Fimela.com, Jakarta Keluarga adalah orang-orang pertama yang akan memberi banyak pengaruh dalam hidupmu, hidup setiap orang. Ada banyak hal juga yang bisa terjadi di dalam kelurga, kesulitan, kebahagiaan, kesedihan dan lain sebagainya. Tak banyak yang menyadari bahwa setiap hal yang terjadi di dalam keluarga memiliki pengaruh bahkan hingga kita sudah dewasa.

Sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Pediatrics menemukan bahwa hal-hal alami yang terjadi dalam hubungan keluarga mampu memengaruhi kesehatan mental kita di kemudian hari sebagai orang dewasa.

Peneliti Ping Chen, Ph.D., dan Kathleen Mullan Harris, Ph.D., melakukan evaluasi terhadap 18 ribu orang dari berbagai usia dan menemukan bahwa memiliki hubungan keluarga yang baik dan positif saat masa remaja mampu menurunkan risiko depresi di usia 20-an, 30-an, dan 40-an. 

 

Keluarag Menentukan Kesehatan Mental

keluarga bahagia
Photo by Emma Bauso from Pexels

Ada empat faktor dalam keluarga yang memberi pengaruh seumur hidup:

  1. Perasaan dimengerti oleh keluarga
  2. Memiliki waktu bersenang-senang bersama keluarga
  3. Merasa keluarga memberikan perhatian padamu
  4. Jarang mengalami argumen serius antara orangtua dan anak

Ketika seseorang tak mengalami empat hal ini dari keluarganya, ia punya kecenerungan menjadi orang berkepribadian buruk, jahat atau rentan mengalami gangguan kesehatan mental seperti stres dan depresi.

Jadi, jika ingin kesehatan mental baik dan positif, keluarga memang memegang peran penting di dalamnya, Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓