Pasangan Menikah Lebih Bahagia Jika Membagi Peran Ini Secara Adil

Febi Anindya Kirana14 Okt 2019, 14:40 WIB
pasangan bahagia

Fimela.com, Jakarta Membangun pernikahan atau rumah tangga sendiri saja sudah merupakan tantangan seumur hidup, belum lagi jika ditambah dengan menjalani peran sebagai orangtua. Kedua hal ini akan berjalan beriringan dan akan memberikan pengalaman yang berbeda-beda pada setiap pasangan menikah.

Namun tahukah kamu bahwa membagi peran yang adil adalah kunci jika ingin mendapatkan pernikahan bahagia? Sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal Gender & Society menemukan bahwa pembagian yang adil menjalani peran orangtua akan memberikan kebahagiaan yang besar pada pasangan menikah.

 

Parenting yang Seimbang = Pernikahan Bahagia

keluarga
ilustrasi keluarga bahagia/Photo by Jakob Owens on Unsplash

Peneliti mencoba menganaliasi apa yang membuat mereka kurang bahagia, kurang puas dengan pernikahan, dan memiliki kesehatan mental lebih rendah. Ternyata menjalani parenting yang seimbang adalah salah satu faktor yang tak bisa diabaikan.

Pasangan yang kurang bahagia biasanya menjalani peran orangtua yang berat sebelah, dengan lebih membebankan kewajiban mengasuh anak hanya pada ibu. Sedangkan ayah kurang mengambil peran atau "lepas tangan" dalam mengurus anak. Inilah yang sering menimbulkan ketidakpuasan dalam menjalani pernikahan.

Namun seiring berjalannya waktu, sepertinya ayah masa kini sudah tak ragu lagi mengambil peran parenting yang sama besar dengan istrinya. Nah, apakah sudah membagi peran parenting yang sama dengan pasangan agar pernikahan bahagia, Sahabat Fimela?

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓