FIMELA FEST 2019: 4 Cara Belajar Jadi Orangtua dengan Mindful Parenting

Vinsensia Dianawanti22 Okt 2019, 12:30 WIB
[FIMELA] CERIA, Komunitas Parenting yang Berawal dari Keresahan

Fimela.com, Jakarta Tidak mudah memang menjadi orangtua dengan banyaknya tuntutan seiring perkembangan jaman. Pola asuh yang harus diterapkan pun tidak bisa lagi seperti orangtua di jaman dulu untuk bisa menumbuhkembangkan anak dengan lebih baik.

Sebagai orangtua, kini perlu adanya penyesuaian soal pola asuh anak. Mindful parenting disebut-sebut sebagai pola asuh anak yang lebih tepat diterapkan untuk anak jaman sekarang. Perhatian menjadi kunci utama dalam menerapkan mindful parenting.

Seperti melansir dari Chopra.com pada Selasa (22/10/2019), mindful parenting bisa dimulai dengan beberapa cara. Apa sajakah itu?

1.Niat dan alasan

Ini mengajarkan anak untuk melakukan sesuatu berdasarkan alasannya. Ajarkan caranya kepada anak dan kemudian biarkan anak melakukannya sendiri. Ketika anak melakukannya sendiri, orangtua berperan untuk mendampingi dan memperhatikannya dari jauh. Sehingga, anak bisa dengan leluasa mengembangkan potensi yang ia miliki.

2. Komunikasi

Komunikasi perlu terus dilakukan dengan anak agar orangtua bisa memahami apa yang dirasakan sang anak. Sehingga orangtua pun bisa menentukan sikap dan perilaku apa yang tepat untuk sang anak. Perlu dipahami bahwa perasaan setiap adalah berbeda, begitu pula dengan cara mereka mengekspresikannya. Sehingga orangtua perlu memahami cara anak mengekspresikan perasaannya.

 

 

3. Mendengarkan

[FIMELA] Fimelahood Mindful Parenting: Sudahkah Menjadi Orangtua yang Sadar Diri?
Bagaimana caranya menjadi orangtua yang sadar diri? Temukan jawabannya di Fimelahood Mindful Parenting, 11 Juli 2019. (Sumber foto: unsplash.com/Jonathan Borba)

Ketika sang anak bercerita pun, dengarkan ia dengan sesama. Cermati setiap kata yang ia keluarkan. Sebisa mungkin orangtua menempatkan diri hanya untuk mendengarkan sang anak. Tidak sedang melakukan aktivitas lain yang membuat orangtua menjadi tidak fokus dalam mendengarkan anak.

4 Mengakui kesalahan

Sebagai orangtua, tidak ada salahnya jika mengakui kesalahannya. Terkadang orangtua tidak menyadari apa yang ia lakukan adalah salah dan menyakiti perasaan sang anak. Tidak ada salahnya jika sesekali kamu mendengarkan sang anak yang menjadi respon terhadap apa yang orangtuanya lakukan.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Fimela ingin mengajak kamu untuk lebih inspiratif dan positif dengan berbagai kelas inspiratif di Fimela Fest 2019. Yuk! daftarkan dirimu, di sini!

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓