5 Tanda Kehamilan yang Dapat Terasa sebelum Telat Haid

Endah Wijayanti22 Okt 2019, 13:35 WIB
mual

Fimela.com, Jakarta Telat haid merupakan salah satu tanda paling umum kehamilan. Selain telat haid, ada hal-hal lain yang bisa mengarah pada tanda kehamilan. Sejumlah tanda kehamilan dapat muncul dan terasa sebelum telat haid.

Ada saja tanda kehamilan yang bisa muncul dan terasa sebelum telat haid? Dilansir dari bustle.com dalam artikel 7 Ways To Tell If You’re Pregnant Before Missing Your Period, berikut beberapa tanda kehamilan yang dapat muncul sebelum telat haid. Langsung saja simak infonya di sini.

1. Kram Perut dan Muncul Bercak Darah

Belum masuk siklus haid tapi muncul bercak darah, ini bisa jadi indikasi kehamilan. Dr. Jacqueline Walters menyebutkan bahwa kita bisa mengalami kram perut atau keluar bercak darah pada satu atau dua minggu sebelum jadwal haid. Ini disebut implantation bleeding, yaitu perdarahan bercak berwarna merah muda atau kecoklatan yang disebabkan karena tertanamnya embrio/sel telur yang sudah dibuahi ke dinding dalam rahim. Kondisi ini bisa terjadi 10 hingga 14 hari setelah pembuahan.

2. Payudara Terasa Lebih Kencang

Perubahan pada payudara merupakan tanda awal kehamilan. Begitu terjadi pembuahan, hormon-hormon dalam tubuh akan mengirim sinyal pada payudara untuk bersiap dalam 40 minggu ke depan. Payudara mungkin akan terasa lebih kencang dan lebih nyeri dari biasanya.

 

3. Selalu Merasa Capek atau Letih

Galau
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/kittirat roekburi

Sering merasa sangat capek atau letih padahal sudah tidur cukup? Badan yang gampang capek mungkin bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya bisa jadi tanda kehamilan. Ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter bila merasa ada kemungkinan sedang hamil.

4. Mual

Mual dan muntah di pagi hari (morning sickness) merupakan tanda kehamilan yang paling umum. Jika sedang berupaya memiliki momongan dan merasakan gejala ini, bisa jadi ada kemungkinan hamil.

5. Makin Sering Buang Air Kecil

Makin sering buang air kecil atau meningkatnya frekuensi buang air kecil bisa menjadi tanda kehamilan. Menurut Mayo Clinic, hal ini terjadi karena tubuh kita merespons kehamilan dengan meningkatkan volume darah di sistem tubuh kita, sehingga membuat ginjal harus bekerja lebih keras mengatasi cairan yang semakin banyak dan membuat kita makin sering buang air kecil.

Lima tanda di atas adalah tanda kehamilan yang paling umum. Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter bila mengalami tanda-tanda tersebut.

***

Hai Sahabat FIMELA, pastikan dirimu untuk hadir di FIMELA FEST 2019. Ikuti semua keseruannya, dan jangan lupa untuk submit data darimu di sini, untuk mendapatkan undangannya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓