Trik Cerdas Menghadapi Anak Tantrum

Annissa Wulan13 Nov 2019, 18:00 WIB
anak

Fimela.com, Jakarta Bagi kamu yang baru saja memiliki anak pasti pernah atau sedang kebingungan mencari cara menghadapi anak yang tantrum. Ya, menghadapi anak yang tantrum tidak selalu menjadi hal yang mudah, terutama bagi para orangtua baru.

Dilansir dari purewow.com, Senin (11/11/2019), berikut ini adalah beberapa trik cerdas menghadapi anak tantrum. Kamu pernah coba yang mana?

1. Jangan melakukan pendekatan yang salah

Anak yang tantrum tidak dapat diprediksi dan ada banyak hal yang bisa menjadi faktor penyebabnya. Anak bisa lelah, lapar, terlalu bersemangat, atau bosan.

Orangtua biasanya melakukan kesalahan dengan memantulkan kembali perasaaan anak dengan penuh kasih sayang. Mengapa ini tidak akan berhasil? Karena ada kesenjangan yang sangat besar antara apa yang anak lakukan dan bagaimana kamu berbicara sebagai orangtua, kamu akan lebih banyak berteriak.

 

2. Teknik menceritakan kemarahan

anak susah makan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Teknik ini sebenarnya mirip dengan bagaimana responmu ketika anak bahagia. Ketika anak tantrum dan meminta suatu hal, katakan satu hal dengan tegas selama beberapa kali.

Contohnya, "Ah, kamu tidak ingin pulang dari sini, kamu tidak ingin pergi. Aku tahu kamu sedih, aku tahu!" Lakukan ini selama delapan sampai 12 kali.

Awalnya, anak pasti terkejut, lalu mereka akan merasa terganggu, dan mengubah fokus mereka. Ya, mereka akan berusaha mendengarkan dengan baik apa yang kamu katakan dan tantrum berakhir. Sudah pernah coba?

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

 

Daftarkan dirimu di sini untuk mengikuti berbagai kelas inspiratif di FIMELA FEST 2019! 

Lanjutkan Membaca ↓