5 Hal yang Terjadi saat Mendekati Hari Perkiraan Lahir

Endah Wijayanti12 Nov 2019, 08:15 WIB
Kehamilan

ringkasan

  • Kepala Bayi Sudah Masuk Panggul
  • Air Ketuban Semakin Berkurang
  • Plasenta Mengalami Pengapuran
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Ketika pada kehamilan makin mendekati hari perkiraan lahir, hati rasanya sudah tak sabar untuk menanti dan menyambut sang buah hati. Hari yang dinanti akan segera tiba. Saat makin mendekati hari perkiraan lahir, ada beberapa hal yang akan terjadi.

Dalam buku 9 Bulan: Menjalani Kehamilan dan Persalinan yang Sehat, dikatakan lahir normal jika persalinan terjadi di antara tiga minggu sebelum hari perkiraan lahir (maju tiga minggu) sampai dengan satu minggu setelah hari perkiraan lahir (mundur satu minggu). Berikut lima hal  yang akan terjadi saat mendekati hari perkiraan lahir.

1. Kepala Bayi Sudah Masuk Panggul

Pada hari perkiraan lahir, 80% kepala bayi sudah masuk panggul, tetapi sisanya akan masuk panggul saat dimulainya persalinan. Tak perlu panik jika di akhir kehamilan ini kepala bayi belum masuk panggul. Asalkan tidak ada masalah pada proporsi kepala panggul, kesempatan utnuk bisa bersalin secara normal masih terbilang cukup besar.

2. Berat Badan Bayi 2,5 – 4 Kilogram

Berat badan bayi lahir normal adalah 2.500 gram sampai 4.000 gram. Bayi saat menginjak kehamilan 37 minggu berat badan minimal adalah 2.500 gram. Semakin mendekati hari perkiraan lahir, berat badan bagi akan semakin bertambah.

 

3. Air Ketuban Semakin Berkurang

Kehamilan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Semakin tua usia kehamilan, semakin berkurang air ketubannya. Selain itu, air ketuban pun cenderung menjadi semakin kental. Jika air ketuban terlalu kental yang biasanya terjadi pada bayi yang lahir sudah lewat waktu, maka bayi akan berisiko mengalami keracunan air ketuban (aspirasi air ketuban) pada saat persalinan.

4. Plasenta Mengalami Pengapuran

Pengapuran plasentai dinilai dari derajat satu sampai derajat tiga. Semakin dekat dengan hari perkiraan lahir, maka akan semakin banyak pengapuran yang terjadi di plasenta. Kenapa pengapuran ini bisa terjadi? Pengapuran plasenta adalah timbunan kalsium akibat pecahnya pembuluh darah kecil plasenta. Untuk memeriksa kondisi pengapuran bisa dilakukna dengan cara pemeriksaan USG. Pengapuran merupakan salah satu tanda menuanya plasenta.

5. Leher Rahim akan Makin Melunak

Sebagaimana yang diketahui, leher rahim merupakan jalur pertama yang akan dilalui oleh bayi. Saat mendekati hari perkiraan lahir, leher rahim akan makin melunak dan sedikit demi sedikit mengalami pembukaan. Cairan atau lender pada vagina akan semakin banyak. Pembukaan leher rahim dipakai sebagai penilai proses kemajian persalinan dan dimulai dari pembukaan 1 (sentimeter) sampai dengan pembukaan lengkap, yaitu 10 (sentimeter). 

Itu tadi beberapa hal yang perlu diketahui mengenai perubahan yang terjadi saat mendekati hari perkiraan lahir. Semoga info ini bermanfaat, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓