Memahami 3 Cara Induksi Persalinan: Obat-obatan, Mekanik, dan Alami

Endah Wijayanti16 Nov 2019, 13:15 WIB
induksi persalinan

Fimela.com, Jakarta Apa yang dimaksud dengan induksi persalinan? Induksi persalinan adalah salah satu langkah medis untuk menginisiasi persalinan atau memunculkan terjadinya proses persalinan. Ketika beberapa kasus kehamilan perlu segera diakhiri masa kehamilannya, maka induksi ini diperlukan.

Dikutip dari buku 9 Bulan: Menjaga Kehamilan dan Persalinan yang Sehat, ada tiga cara induksi persalinan bisa dilakukan. Selengkapnya langsung saja simak di sini, ya.

1. Pemberian Obat-obatan

Bisa dengan pemberian prostaglandin atau oksitosin. Pemberian obat (zat) prostaglandin dalam bentuk tablet yang bisa diminum atau dimasukkan ke dalam rongga vagina. Fungsi prostaglandin ini adalah untuk merangsang timbulnya kontraksi rahim yang diharapkan akan memulainya pemukaan leher rahim sebagai awal terjadinya proses persalinan. Semetara oksitosin adalah zat yang bisa menimbulkan kontraksi rahom yang diberikan secara infus. Selain dapat digunakan untuk memulainya terjadinya persalinan, oksitosin juga dapat digunakan untuk mempercepat proses persalinan yang telah berlangsung.

 

2. Cara Mekanik

Kontraksi Mengandung dan Melahirkan
Ilustrasi./(iStockphoto)

Ada penggunaan balon kateter dalam cara ini. Balon kateter adalah slang kecil yang di ujungnya bisa digelembungkan. Bagaimana mekanismenya? Mekanismenya adalah slang dipasang di leher rahim, lalu digelembungkan ujungnya sehingga akan mendesak pintu leher rahim. Dengan cara ini, perlahan-lahan pintu rahim akan terbuka dan menginisiasi terjadinya proses persalinan selanjutnya.

3. Cara Alami

Cara alami ini hanya bisa digunakan bagi yang ingin mencoba menginduksi di rumah. Cara alami secara medis tidaklah digunakan. Kenapa? Karena prosesnya lama dan tingkat keberhasilannya kecil. Cara alami ini melibatkan rangsangan pada puting susu di akhir masa kehamilan. Puting susu yang dirangsang akan mengeluarkan hormon oksitosin secara alami. Selain itu, berhubungan seks di akhir masa kehamilan juga dapat merangsang terjadinya proses persalinan. Hal ini karena ketika penis berada dalam vagina, pembentukan zat prostaglandin alami akan terjadi.

Induksi persalinan bisa dilakukan karena alasan medis dan nonmedis. Selalu konsultasikan dulu ke dokter sebelum memutuskan untuk melakukan induksi persalinan, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓