Apakah Kehamilan Kembar Selalu Terjadi karena Keturunan?

Endah Wijayanti16 Nov 2019, 18:15 WIB
kehamilan kembar

Fimela.com, Jakarta Selama ini kita sering mendengar bahwa keturunan adalah faktor penting kehamilan kembar. Bahkan banyak orang yang mengira bahwa kehamilan kembar selalu terjadi karena keturunan. Hm, benarkah begitu?

Ternyata ada informasi penting yang perlu diketahui mengenai faktor keturunan dan kehamilan kembar. Dikutip dari buku 9 Bulan: Menjaga Kehamilan dan Persalinan yang Sehat, kehamilan kembar yang ada hubungannya dengan garis keturunan hanyalah kembar yang bersifat fraternal. Kembar yang bersifat identik tak berlaku garis keturunan. Ya, kehamilan kembar ada dua jenis.

Apa yang Dimaksud Kembar Identik?

Kembar identik terjadi ketika satu sel telur dibuahi oleh satu sperma yang kemudian embrio hasil pembuahan tersebut membelah menjadi dua embrio yang identik, dan selanjutnya terus berkembang menjadi dua bayi kembar yang benar-benar sama identik. Tentu saja dengan kelamin yang sama. Untuk bisa mendapatkan kehamilan kembar identik, tak selalu berlaku garis keturunan. Pasangan yang tak memiliki riwayat keluarga kembar identik berpeluang memiliki anak kembar identik.

 

Apa yang Dimaksud Kembar Fraternal?

20160316-Ilustrasi-Bayi-Kembar-iStockphoto
Ilustrasi Bayi Kembar (iStockphoto)

Kembar fraternal terjadi ketika dua sel telur yang kebetulan dihasilkan secara bersamaan saat kita ovulasi dan kemudian dibuahi oleh dua sperma yang berbeda maka akan terbentuk dua embrio yang berbeda pula. Kembar yang seperti ini bisa menghasilkan kelamin yang berbeda pula. Kehamilan kembar fraternal inilah yang sangat dipengaruhi oleh garis keturunan.

Semoga info ini bisa menambah wawasan dan pengetahun baru bagi Sahabat Fimela yang sedang merencanakan kehamilan, ya.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓