Cara Mengatasi Mimisan pada Anak dengan Benar, secara Cepat dan Alami

Fimela Editor12 Nov 2019, 19:15 WIB
mimisan pada anak

Fimela.com, Jakarta Mimisan dikenal sebagai suatu kondisi keluarnya darah dari hidung. Mimisan bisa menyerang siapa saja, termasuk anak-anak.

Mimisan diakibatkan berbagai faktor, seperti membuang ingus terlalu kencang, cedera pada hidung, penggunaan obat pelega hidung yang berlebihan, alergi, maupun sinusitis. Berikut kami bagikan cara mengatasi mimisan pada anak dengan benar.

Cara Mengatasi Mimisan pada Anak

Anak Sering Mimisan? Hati-hati Hemofilia (hatchapong Palurtchaivong/Shutterstock)
Anak Sering Mimisan? (hatchapong Palurtchaivong/Shutterstock)

Mimisan bisa terjadi pada anak-anak usia 3-10 tahun. Sebagian besar disebabkan oleh trauma di hidung atau udara yang terlalu kering. Berikut adalah rekomendasi cara mengatasi mimisan pada anak-anak.

Tenangkan anak

Hal pertama yang perlu dilakukan sebagai cara mengatasi mimisan pada anak yakni dengan tetap tenang dan juga tenangkan anak.

Dudukkan anak dengan posisi yang nyaman

Mendudukkan anak pada posisi yang nyaman bisa juga dilakukan sebagai cara mengatasi mimisan pada anak. Dudukkan anak di kursi atau pangkuan, dengan posisi tegak dan kepala yang sedikit miring ke depan.

Jangan biarkan anak bersandar

Salah satu cara mengatasi mimisan pada anak yakni jangan membiarkan anak bersandar, karena akan membuat darah mengalir ke bagian belakang tenggorokan.

Sebaliknya, pencet cuping hidung anak sekitar 10 menit agar pendarahan terhenti.

Cara Mengatasi Mimisan yang Benar

mimisan
Anak mimisan/copyright: shuterstock

Mimisan memang tampak menakutkan, tetapi jarang menyebabkan efek kesehatan yang serius. Supaya mimisan segera berhenti, berikut kami rekomendasikan cara mengatasi mimisan yang benar.

Duduk tegak arahkan tubuh ke depan

Cara mengatasi mimisan yang benar yakni dengan memastikan posisi anak tetap tegak dan arahkan tubuhnya sedikit ke depan. Hal ini akan mencegah darah kembali masuk ke hidung atau saluran napas.

Pencet cuping hidung selama 10 menit

Memencet cuping hidung selama 10 menit menjadi tahap selanjutnya dari cara mengatasi mimisan yang benar. Gunakan ibu jari dan jari telunjuk untuk memencet cuping hidung, dengan tujuan memberi penekanan pada titik pendarahan agar darah berhenti mengalir.

Jangan bersin

Cara mengatasi mimisan yang benar yakni dengan berusaha agar tidak bersin. Jikalau anak bersin, mimisan justru sulit berhenti dan akan merangsang darah untuk mengalir kembali.

Gunakan kompres dingin

Menggunakan kompres dingin bisa juga dipakai sebagai cara mengatasi mimisan yang benar. Bungkuslah es batu dengan sebuah kain lembut, lalu tempelkan pada hidung yang mimisan.

Cara Mengatasi Mimisan secara Alami

Nyeri pada Mulut? Kumur Air Garam Saja! (Alexeysun/Shutterstock)
Ilustrasi air garam (Alexeysun/Shutterstock)

Bahan-bahan alami yang bisa ditemui sehari-hari ternyata bisa digunakan sebagai cara mengatasi mimisan secara alami. Yuk, simak informasinya.

Air garam

Air garam bisa dijadikan cara mengatasi mimisan secara alami. Air garam akan meredakan pendarahan dan mempersempit aliran pembuluh darah di hidung sehingga pendarahan akan terhenti.

Caranya yakni larutkan garam dalam air hangat, lalu basahi kapas menggunakan larutan tersebut. Sambil mendongakkan kepala, teteskan air garam secukupnya dari kapas melalui lubang hidung.

Bawang merah

Cara mengatasi mimisan secara alami bisa dengan menggunakan bawang merah. Anak hanya perlu menghirup aroma bawang merah. Potong tipis bawang dan tempelkan irisan bawang di bawah hidung, lalu hirup selama beberapa menit.

Perasan jeruk lemon

Kadar keasaman dalam lemon mampu menghentikan pendarahan, sehingga perasan jeruk lemon bisa digunakan sebagai cara mengatasi mimisan secara alami.

Peras lemon secukupnya dan teteskan 1-2 tetes ke dalam hidung yang mimisan, maka mimisan akan berhenti beberapa menit kemudian.

Daun ketumbar

Daun ketumbar bisa menjadi salah satu cara mengatasi mimisan secara alami. Caranya yakni haluskan daun ketumbar, kemudian oleskan pada bagian dalam hidung.

Cara Mengatasi Mimisan dengan Cepat

4 Keuntungan Daun Sirih untuk Kecantikan Wajah
Daun sirih. (via: pedulisehat.info)

Mimisan harus segera ditangani, agar darah yang keluar dari tubuh tidak semakin banyak. Berikut adalah rekomendasi cara mengatasi mimisan dengan cepat yang bisa kamu coba.

Daun sirih

Salah satu cara mengatasi mimisan dengan cepat yakni menggunakan daun sirih. Siapkan beberapa helai daun sirih yang sudah dicuci bersih, lalu gulung dan masukkan ke dalam hidung yang mengalami mimisan.

Tekan gulungan daun sirih secara perlahan, kemudian diamkan beberapa saat sampai pendarahan mulai berkurang.

Sumbat hidung

Menyumbat hidung bisa menjadi salah satu cara mengatasi mimisan dengan cepat. Gunakan kapas yang bagian ujungnya diolesi dengan petroleum jelly, lalu gunakan untuk menyumbat hidung dengan terus menekannya kira-kira 10 menit.

Petroleum jelly

Petroleum jelly bisa menjadi alternatif cara mengatasi mimisan dengan cepat. Oleskan petroleum jelly untuk membantu mencegah mimisan dan mengurangi kekeringan pada lubang hidung.

Cuka

Salah satu cara mengatasi mimisan dengan cepat yakni dengan menggunakan cuka. Cuka mampu menghentikan aliran darah sekaligus membersihkan darah yang mengering.

Caranya yakni celupkan bola kapas ke dalam cuka, lalu tempatkan pada hidung yang mimisan. Diamkan beberapa saat dan pendarahan di hidung akan segera berhenti.

 

Mimisan yang sudah ditangani dengan berbagai cara, namun tetap tidak memberikan hasil menunjukkan perlu penanganan khusus. Jangan biarkan mimisan terjadi terus menerus, sebaiknya bawalah anak ke dokter dengan segera apabila mimisan tidak berhenti lebih dari 20 menit.

 

(Olivia Lidya Elsanty/dikutip dari berbagai sumber)

Lanjutkan Membaca ↓