Intip Cara Bermain dengan Anak yang Menyenangkan di Hari Ayah Nasional

Meita Fajriana13 Nov 2019, 07:00 WIB
Hari Ayah Nasional

Fimela.com, Jakarta Hari Ayah Nasional dirayakan setiap tanggal 12 November setiap tahunnya. Meski satu hari tidak akan cukup menjelaskan betapa berartinya ayah bagi sang anak, hari ini bisa diperingati dengan aktivitas bersama ayah, salah satunya dengan bermain.

Bermain adalah dunia anak. Bahkan anak bisa banyak belajar apapun dengan bermain. Tidak heran anak-anak memiliki koleksi mainan yang banyak, sehingga dapat merangsang tumbuh kembang si kecil. Mereka akan sangat senang saat ditemani bermain oleh ayah dan ibu.

Jika bersama ibu tentu sudah menjadi keseharian anak, namun bagaimana caranya ayah mengajak anak bermain yang tepat. Mengingat ayah tidak selalu memiliki waktu yang panjang karena kewajiban mereka sebagai pencari nafkah.

 

Anak membutuhkan waktu bermain dengan ayah

Hari Ayah Nasional
Ilustrasi Hari Ayah Nasional/copyright pexels.com/Hannah Nelson

Psikolog Klinis Anak, Febiana Pratomo menjelaskan sebenarnya dalam momen bermain anak, teman bermain khususnya orangtua menjadi hal yang penting bagi mereka dibandingkan permainannya. Untuk itu, meski ayah hanya memiliki sedikit waktu bermain dengan anak, tapi tetap bermakna bagi si kecil.

 

Trik bermain dengan anak saat ayah tidak memiliki banyak waktu

Hari Ayah Nasional
Hari Ayah Nasional. (Foto: Unsplash)

Berikut beberapa hal yang perlu ayah tahu di momen Hari Ayah Nasional ini, agar anak bisa nyaman dan senang bermain dengan ayah. 

1. Lakukan permainan yang menyenangkan bagi ayah dan anak.

2. Ayah harus tahu minat anak.

3. Jadwalkan waktu bermain dengan ayah setiap harinya.

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓