Besar Kecil Payudara Tidak Berpengaruh Pada Produksi ASI

Mimi Rohmitriasih15 Nov 2019, 12:45 WIB
Menyusui

Fimela.com, Jakarta Bagi perempuan yang telah melahirkan dan tiba di momen menyusui, salah satu hal yang membuatnya cukup khawatir adalah jika produksi ASI (Air Susu Ibu) yang dihasilkan sedikit atau bahkan tidak keluar sama sekali. Besar kecil payudara dan bentuk puting sering dianggap menjadi hal yang menyebabkan produksi ASI bisa maksimal atau sebaliknya.

Melansir dari laman Liputan6.com, ukuran besar kecil payudara tidak berpengaruh pada produksi ASI. Ameetha Drupadi, seorang konselor laktasi di ICE BSD Tangerang menjelaskan, "Selama bayi mau menyusu langsung, jangan khawatir produksi ASI tidak stabil. Bayi yang mau menyusu langsung dan didukung dengan pola hidup sehat oleh ibu bayi bisa meningkatkan produksi ASI."

Produksi ASI Tidak Dipengaruhi Ukuran Payudara

Menyusui
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Para ahli menjelaskan jika produksi ASI tidak dipengaruhi oleh ukuran payudara. Besar atau kecil payudara tetap menghasilkan ASI yang melimpah. Ameetha mengatakan, "Jangan khawatir, mau payudara besar, payudara atau puting kecil, itu tidak memengaruhi produksi ASI. Ukuran payudara tidak menyebabkan masalah pada produksi ASI."

Yang terpenting dalam proses menyusui adalah pelekatan. Pastikan jika bayi menyusu ia tidak hanya menghisap puting tetapi juga smapai ke areola. Semakin kuat hisapan bayi, akan semakin banyak ASI yang keluar. "Jadi, kalau bayi menghisap sampai aerolanya masuk semua, itu ASI yang dihisap akan keluar dan banyak," tambah Ameetha.

Agar produksi ASI melimpah, Mom juga disarankan untuk memiliki pola hidup sehat, memperbanyak konsumsi sayur dan buah, cukupi kebutuhan cairan dalam tubuh, miliki istirahat cukup dan hindari stres. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓