FIMELA FEST 2019: 3 Cara Mencegah Penyakit pada Anak di Musim Hujan

Anisha Saktian Putri17 Nov 2019, 15:38 WIB
Talk show Fimela Fest 2019 bersama Tolak Angin

Fimela.com, Jakarta Perubahan cuaca membuat penyakit mudah menyerang khususnya pada anak-anak. Flu, diare, hingga demam berdarah pun menjadi penyakit “langganan” ketika cuaca tak menentu.

Tapi tenang di Fimela Fest 2019 bersama Tolak Angin, Dokter anak, dr. Caessar Pronocitro, SpA membagikan tips menjaga anak tetap sehat ketika musim hujan. 

Ia mengatakan anak lebih sering terkena sakit karena keluarga cenderung berkumpul di satu tempat jadi virus mudah tersebar penyakit. Lalu saat hujan virus dan bakteri mudah berkembang biar, dan yang terkahir sistem daya tubuh saat suhu cuaca dingin menurun, inilah mengapa virus mudah berserang di tubuh.

"Jangan salahkan hujan, karena memang sistem tubuh menurun karena suhu cuaca yang dingin," ujar dr. Caessar Pronocitro dalam acara Fimela Fest 2019 bersama Tolak Angin, di Gandaria City, pada (17/11/2019).

Pencegahan

Talk show Fimela Fest 2019 bersama Tolak Angin
Talk show Fimela Fest 2019 bersama Tolak Angin

Untuk itu, dr. Caessar memberikan 3 tips mencegah anak sakit sakit saat musim hujan.

1. Nutrisi

Menurutnya, pencegahan pertama adalah mengoptimalkan nutrisi pada anak. "Lengkapi nutrisi anak seperti perbanyak buah dan sayur, daging, pokoknya harus seimbang," ujarnya.

Makan-makanan yang bisa dikonsumsi ialah jenis makanan mengandung vitamin A,C, dan Zinc. "Buah berwarna banyak mengandung vitamin A dan C, seperti jeruk," ujarnya.

2. Kebutuhan Cairan

Beraktivitas berlebihan membuat anak dehidrasi. Jadi orangtua harus memenuhi kebutuhan cairan. Karena anak dehidrasi juga mudah terserang penyakit.

3. Rajin Cuci Tangan

Ada baiknya, mencuci tangan sebelum dan sesudah aktivitas karena penyebaran virus sangat mudah lewat tangan. "Mau pegang anak sebaiknya cuci tangan dulu, biar tidak ada virus. Karena mudah banget virus menyebar dari tangan," tutupnya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓