10 Makanan yang Perlu Dihindari sebagai Menu MPASI

Mimi Rohmitriasih26 Nov 2019, 12:03 WIB
MPASI

Fimela.com, Jakarta Ketika memasuki usia 6 bulan, bayi perlu diberi asupan nutrisi tambahan yakni menu MPASI (Makanan Pendamping ASI). Ketika bayi telah berusia 6 bulan, minum ASI saja tidak cukup untuk memenuni kebutuhan nutrisi dan gizi tubuhnya.

Melansir dari laman motherandbaby.com, ada beberapa makanan yang sangat dianjurkan untuk diberikan ke bayi sebagai menu MPASI. Ada juga beberapa makanan yang sebaiknya dihindari untuk diberikan ke bayi sebagai menu MPASI. Berikut beberapa makanan yang perlu dihindari sebagai menu MPASI karena dikhawatirkan bisa membahayakan kesehatan bayi.

Makanan yang Perlu Dihindari sebagai MPASI

MPASI
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Romanova Anna

Putih Telur

Makanan pertama yang perlu dihindari adalah putih telur. Memberikan putih telur pada bayi usia bawah satu tahun penting untuk dihindari. Para ahli menyebutkan jika putih telur bisa menyebabkan gangguan perut atau masalah kesehatan lain pada bayi.

Selai Kacang

Makanan selanjutnya yang perlu dihindari adalah selai kacang. Makanan ini dikhawatirkan bisa membuat bayi usia bawah 1 tahun alergi atau mengalami masalah kesehatan serius lainnya.

Buah Jeruk

Makanan yang sebaiknya dihindari sebagai menu MPASI adalah buah jeruk. Kandungan vitamin C yang berlebih pada buah jeruk dan sifatnya yang asam kurang baik untuk sistem pencernaan bayi usia bawah 1 tahun. Tak hanya buah jeruk, beberapa makanan atau buah lain yang bersifat asam juga sangat penting buat dihindari.

Serba Susu

Jika konsumsi ASI bayi sudah baik, usahakan untuk menghindari memberikan susu formula ke bayi. Hindari juga memberikan produk olahan susu. Protein dan mineral dalam susu sapi kurang baik untuk tumbuh kembang anak usia di bawah satu tahun.

Jus Buah

Jus buah sebaiknya juga tidak diberikan ke bayi usia bawah 1 tahun. Terlebih lagi untuk jus buah yang ditambah gula di dalamnya. Jika pun ingin memberikan buah ke bayi, usahakan untuk memberikan buah dengan tekstur lembut seperti pisang, alpukat dan labu.

 

Sea Food hingga Makanan Kaleng

MPASI
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/GOLFX

Sea Food

Hindari memberikan sea food baik itu ikan, udang, cumi dan kerang-kerangan. Sea food dikhawatirkan bisa membuat bayi alergi. Sea food yang mengandung merkuri juga sangat berbahaya jika diberikan ke bayi.

Madu

Sebenarnya madu adalah makanan yang sehat dan obat untuk segala macam penyakit. Namun, pastikan untuk menghindari pemberian madu ke bayi usia bawah 1 tahun. IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) tidak menyarankan pembarian madu ke bayi karena ini bisa berbahaya buat kesehatan bayi.

Sayuran Mentah

Sayur adalah makanan yang menyehatkan. Namun, pastikan untuk tidak memberikan sayuran mentah ke bayi. Jika ingin memberikan sayur ke bayi, masak dulu sayur hingga matang dan haluskan dengan blender.

Kacang Utuh

Kacang-kacangan memang memiliki manfaat kesehatan yang baik. Hanya saja, hindari memberikan kacang-kacangan utuh ke bayi. Ini bisa membuat bayi tersedak. Tekstur kacang yang keras sangat tidak baik jika diberikan secara langsung ke bayi.

Makanan Kaleng

Untuk penyajian cepat, makanan kaleng sering menjadi pilihan. Namun sayangnya, makanan kaleng bukan termasuk makanan sehat. Makanan kaleng mengandung berbagai zat kimia yang sangat tidak baik untuk kesehatan bayi.

Itulah beberapa makanan yang dilarang untuk diberikan ke bayi sebagai menu MPASI. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓