Sukses

Parenting

Kedekatan Anak dan Orangtua Berpengaruh pada Mental Anak

Fimela.com, Jakarta Setiap orangtua pasti ingin memiliki buah hati yang sehat secara fisik. Setiap orangtua juga pasti ingin buah hatinya tumbuh dan berkembang dengan sangat baik, cerdas juga bahagia. Melansir dari laman parents.com, kesehatan, kecerdasan dan kebahagiaan anak dipengaruhi oleh dekat tidaknya ia dengan orangtuanya.

Kesibukan orangtua dalam bekerja seringkali membuatnya tak punya banyak waktu untuk sang anak. Alhasil, hubungannya dengan anak pun anggota keluarga lain kurang. Para ahli mengungkapkan jika hubungan keluarga yang kurang harmonis bisa menghambat perkembangan anak. Hubungan keluarga yang kurang harmonis juga sangat mungkin meningkatkan risiko anak mengalami kesepian, stres bahkan depresi.

Kesehatan Mental Anak Dipengaruhi Keluarga

Penelitian menemukan jika berkumpul bersama keluarga bisa membuat mental anak lebih sehat, percaya diri dan bahagia. Berkumpul bersama keluarga bermanfaat menurunkan risiko depresi pada anak.

Melansir dari laman liputan6.com, Roslina Verauli seorang psikolog mengatakan, "Saat individu merasa dicintai, disupport dan dilindungi oleh keluarga, omongan negatif di sekitarnya tak akan mempengaruhi dirinya. Anak bisa lebih percaya diri, bahagia dan sehat saat ia dekat dengan keluarganya terutama orangtua."

Mengingat betapa pentingnya kedekatan orangtua dengan anak, disarankan agar setiap orang menyempatkan waktunya untuk selalu ada buat buah hati. Sesibuk dan selelah apapun orangtua, penting baginya untuk memberikan perhatian ke anak. Penting bagi orangtua untuk selalu memberikan support dan nasehat untuk anak.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading