Apakah Ibu Hamil Diperbolehkan Mengonsumsi Mie Instan?

Mimi Rohmitriasih06 Des 2019, 12:14 WIB
Diperbarui 06 Des 2019, 12:14 WIB
makan mie

Fimela.com, Jakarta Momen kehamilan menjadi momen yang sangat mengesankan buat setiap perempuan. Ibu hamil sangat penting menjaga kesehatan diri sendiri maupun janin di kandungan. Untuk menjaga kesehatan ini, ibu hamil harus mengonsumsi makanan yang menyehatkan dan mengandung nutrisi terbaik. Ibu hamil sebaiknya menghindari aneka makanan yang bisa mengganggu kesehatan. Salah satu makanan yang perlu dihindari adalah mie instan.

Seperti yang kita tahu, mie instan bisa membuat kita merasa lebih kenyang. Mie instan juga memiliki rasa yang gurih dan menggugah selera. Sayangnya, konsumsi mie instan secara berlebihan terutama saat hamil sangat tidak disarankan. Konsumsi mie instan secara terus menerus bisa meningkatkan berbagai masalah kesehatan.

Bahaya Mie Instan

makan mie
Ilustrasi/copyright shutterstock.com.artemisphoto

Melansir dari laman klikdokter.com, sebungkus mie instan dengan berat 70 gram mengandung sekitar 400 kalori. Ketika mie instan digoreng bersama telur dan keju, kalorinya akan bertambah menjadi 700 kalori. Karena mengandung banyak kalori di dalamnya, ini tidak baik jika dikonsumsi setiap hari.

Para ahli mengungkapkan jika konsumsi mie instan secara terus menerus bisa meningkatkan gula darah dalam tubuh. Konsumsi mie instan secara terus menerus bisa meningkatkan risiko diabetes di mana ini sangat berbahaya buat kehamilan.

Mengonsumsi mie instan terlalu banyak bisa menyebabkan terlalu banyak natrium yang masuk ke dalam tubuh. Natrium berlebih di tubuh menyebabkan penumpukan cairan yang bisa membuat tekanan darah meninggi, kaki bengkak dan kepala pusing serta kaku.

Jika pun ibu hamil sangat ingin mengonsumsi mie instan, sebaiknya konsumsi mie instan dilakukan sebulan sekali. Itu pun harus ditambahkan bahan makanan sehat lain seperti sayur-sayuran, daging, telur dan sejenisnya di dalamnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓