Doula dan Bidan, Apa Bedanya?

Endah Wijayanti15 Des 2019, 14:15 WIB
perbedaan doula dan bidan

Fimela.com, Jakarta Pernah dengar istilah doula? Doula semakin lama semakin populer. Selama ini mungkin kita lebih familier dengan sosok bidan yang membantu persalinan ibu hamil. Namun, selain bidan ada juga yang menjalankan peran sebagai pembimbing persalinan yang disebut doula.

Doula dan bidan, apa sebenarnya perbedaan yang paling mendasar antara keduanya? Mengutip buku MoneySmart Parent: Panduan Praktis Perencanaan Keuangan Orangtua Baru, bidan adalah tenaga profesional kesehatan yang membantu persalinan normal layaknya dokter kandungan, sementara doule dikenal sebagai childbirth coach atau pembimbing persalinan. Selengkapnya, langsung simak di sini.

Bidan Layaknya Dokter Kandungan

Bidan punya pendidikan kebidanan resmi dan izin sah untuk melakukan praktik membantu persalinan normal. Bidan juga memiliki peran melakukan tes dan pemeriksaan fisik selama kehamilan, meresepkan vitamin hamil, hingga memonitor ibu dan bayi selama persalinan dan kelahiran. Sebagai contoh, bidan dapat melakukan pemeriksaan suhu tubuh atau tekanan darah serta melakukan pemeriksaan vaginal. Seorang bidan bisa mendapatkan pelatihan doula. Sudah banyak bidan yang mempelajari teknik memandu gentle birth karena semakin banyaknya permintaan yang menginginkan persalinan sealami mungkin.

Doula Tak Bisa Melakukan Kebanyakan Fungsi Bidan

bayi tidur
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Doula tak mendapatkan pendidikan resmi. Seorang doula tak bisa melakukan kebanyakan fungsi bidan. Doula mempelajari banyak teknik holistik, selarasnya antara fisik, mental, dan spiritual dalam meyambut kelahiran bayi, seperti hypnobirthing, teknik relaksasi dan pengalihan rasa sakit, berkomunikasi dengan janin, atau memberi pijatan yang mampu memberikan rasa nyaman sekaligus merangsang kontraksi.

Dengan dampingan seorang doula, pengalaman melahirkan bisa terasa lebih nyaman dan minim rasa sakit. Peran doula tak hanya untuk persalinan normal. Banyak juga yang menggunakan jasa doula pada persalinan melalui operasi Caesar atau mendampingi ibu dalam masa menyusui dan bonding antara bayi dengan semua anggota keluarganya.

Bagi yang ingin mengupayakan mendapatkan persalinan yang lebih nyaman, menggunakan jasa doula bisa jadi salah satu pertimbangan. Semoga info ini bisa memberi pemahaman dasar tentang perbedaan doula dan bidan, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓