5 Tips Cegah Keputihan selama Kehamilan

Endah Wijayanti11 Jan 2020, 15:45 WIB
air hangat ibu hamil

Fimela.com, Jakarta Selama kehamilan, seorang perempuan bisa mengalami keputihan. Keputihan selama kehamilan sering terjadi, khususnya pada trimester kedua kehamilan. Keputihan tersebut ditandai dengan cairan yang agak kental, berwarna putih dan berbau.

Selama kehamilan, keputihan bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Dilansir dari americanpregnancy.org, penyebabnya bisa karena perubahan hormon, efek konsumsi antibiotik, gula darah tinggi biasanya pada penderita diabetes, dan hubungan intim. Selama kehamilan, tubuh akan mengalami banyak perubahan dan kondisi ini membuat tubuh harus menyesuaikan perubahan senyawa kimia pada vagina.

 

Mencegah Keputihan

Ilustrasi ibu hamil bisa mendaftarkan janin dalam JKN-KIS dari BPJS Kesehatan (iStock)
Ilustrasi./(iStock)

Ada sejumlah tindak pencegahan yang bisa dilakukan ibu hamil agar tak mengalami keputihan. Berikut beberapa tips sederhana yang bisa dicoba.

1. Kenakan pakaian dalam yang longgar. Disarankan mengenakan pakaian dalam yang berbahan katun.

2. Hindari penggunaan sabun atau pembersih yang mengandung pewangi saat membersihkan area kewanitaan. Basuh dengan air bersih dari depan ke belakang setiap kali selesai buang air.

3. Konsumsi yogurt yang mengandung lactobacillus acidophilus. Imbangi dengan minum cukup air putih juga.

4. Batasi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula atau berpemanis. Kenapa? Karena gula berlebih bisa memicu munculnya keputihan.

5. Dapatkan tidur yang cukup. Dengan tidur yang cukup dan berkualias, tubuh kita akan lebih mudah melawan infeksi.

Jika sudah mengalami keputihan dan merasa sangat tidak nyaman, ada baiknya untuk segera berkonsultasi ke dokter, ya. Sebab gejala keputihan bisa mirip dengan gejala infeksi lain seperti penyakit menular seksual.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓