Tips Parenting Tetap Bisa Mengasuh Anak Meski Sedang Sakit

Annissa Wulan15 Jan 2020, 14:00 WIB
Parenting saat sakit

Fimela.com, Jakarta Parenting tidak hanya seputar mengasuh anak dalam kondisi yang sehat, namun juga ketika orangtua sedang sakit, pernah merasakannya? Jangan dibayangkan sebagai tugas yang sangat sulit, karena kamu masih bisa melakukannya.

Dilansir dari sheknows.com, Rabu (15/1/2020), berikut ini adalah beberapa tips parenting saat orangtua sedang sakit. Penasaran apa yang masih bisa kamu lakukan saat sakit?

1. Kreatiflah

Kamu mungkin merasa tidak punya cukup energi untuk bermain dengan anak ketika sakit, maka menjadi kreatif di situasi ini sangat penting. Siapkan sebuah kotak yang berisi semua permainan yang bisa dilakukan anak sendiri ketika kamu sakit.

Selain itu, jujurlah kepada anak bahwa kamu sedang sakit, daripada berpura-pura sehat. Cara ini akan membuka jalan pada komunikasi yang lebih terbuka antara orangtua dan anak.

2. Melonggarkan aturan bermain gadget

Ketika sehat, mungkin kamu menetapkan aturan bermain gadget yang ketat kepada anak. Namun, tidak ada salah ketika kamu sakit, longgarkan sedikit aturan ini untuk memberimu waktu lebih baik untuk beristirahat sebagai bagian dari tips parenting.

 

3. Menjadi mudah dengan makanan

Parenting saat sakit
Ilustrasi Parenting saat sakit. Sumber foto: unsplash.com/Kelly Sikkema.

Carilah cara termudah ketika kamu sedang sakit dan harus menjaga anak di rumah. Jika kamu terbiasa memasak dan menyiapkan makanan sehat, tidak ada salahnya selama beberapa hari membeli makanan dari luar. Kamu masih bisa memastikan asupan vitamin dan nutrisi anak dari buah-buahan segar.

4. Meminta bantuan

Jangan ragu untuk meminta bantuan orang lain. Ketika kamu membutuhkannya, terutama ketika kamu sakit, mintalah bantuan dari orang terdekat, seperti orangtuamu atau saudara.

5. Jangan terlalu keras pada diri sendiri

Jangan berharap bahwa kamu bisa menjalani hari-hari seperti biasa ketika sakit. Terimalah kalau makanan di rumah tidak akan seperti biasanya, cerita pengantar tidur akan lebih sebentar, dan kesabaranmu akan menipis.

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓