Mengatasi Lapar Berlebihan saat Hamil, Simak 4 Tipsnya Ini

Endah Wijayanti18 Jan 2020, 11:17 WIB
Diperbarui 18 Jan 2020, 11:17 WIB
ibu hamil junk food

Fimela.com, Jakarta Saat hamil, bangun pada pagi hari dalam keadaan lapar tergolong hal yang lumrah. Terbangun pada tengah malam karena lapar pun sering dialami oleh ibu hamil. Selama kehamilan, biasanya rasa lapar akan terus dirasakan.

Penting bagi ibu hamil untuk mengatasi rasa lapar yang berlebihan ini. Karena jika tidak dikendalikan dengan baik, akibatnya bisa memengaruhi kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan. Melansir Hunger Pungs during Pregnancy via momjunction.com, ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk mengatasi rasa lapar berlebihan ini. Berikut rangkumannya.

1. Konsumsi Buah Kering pada Pagi Hari

Mengonsumsi buah kering dan kurma pada pagi hari bisa bantu kurangi mual dan cegah lapar berlebihan. Selain itu, upayakan ada sup dan salad dalam menu yang dikonsumsi rutin. Makanan bernutrisi yang rendah gula dan rendah lemak jenuh cukup baik dikonsumsi untuk mengatasi rasa lapar berlebihan.

2. Minum Air Putih dan Hindari yang Berpemanis

Selain mencegah dehidrasi, minum air putih cukup bisa bantu menjaga perut tetap kenyang. Sebaiknya hindari minuman yang berpemanis atau bergula. Imbangi dengan konsumsi makanan tinggi serat untuk mencegah sembelit. Makanan tinggi serat juga dapat mencegah lapar berlebihan. Bila muncul keinginan untuk ngemil pada malam hari, pilih makanan yang mudah dicerna.

 

3. Kunyah Makanan Perlahan

Ibu hamil makan sayur
ilustrasi/copyright shutterstock.com

Otak kita butuh waktu sekitar 20 menit untuk menerima sinyal kenyang setelah makan. Untuk itu, usahakan untuk mengunyah makanan secara perlahan. Bagi porsi makanan jadi beberapa bagian kecil untuk membantu kita lebih mudah mengontrol rasa lapar.

4. Dapatkan Tidur yang Cukup

Tidur yang baik dan berkualitas sangat penting selama kehamilan. Jika rasa lapar sampai mengganggu waktu tidur, cobalah untuk mengonsumsi makanan tinggi triptofan yang dapat memaksimalkan upaya tidur nyenyak. Buah pisang, kacang almond, roti gandum, dan oatmeal adalah beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi selama kehamilan. Ada baiknya berkonsultasi dulu ke dokter sebelum mengonsumsi makanan tinggi triptofan.

Jika berat badan tidak naik pada trimester pertama atau berat badan turun karena muntah (morning sickness), tubuh kita akan merasa mudah lapar. Untuk itu sangatlah penting memeriksakan kondisi kehamilan dan memonitor berat badan secara rutin.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓