5 Kebiasaan Sederhana untuk Menjadi Orangtua yang Terbaik

Meita Fajriana22 Jan 2020, 10:00 WIB
Orangtua dan anak

Fimela.com, Jakarta Menjalani peran kehidupan sebagai orangtua selalu luar biasa. Orangtua harus mengurus begitu banyak hal pada saat yang bersamaan. Seperti kamu perlu memberi makan anak-anak, memandikan, mendengarkan masalah, memasak, membersihkan pakaian, menghasilkan uang untuk mereka. Dalam situasi luar biasa seperti itu, bisa saja kamu membuat kesalahan. Kesalahan-kesalahan ini tidak akan membuat kamu menjadi orangtua yang buruk tetapi akan membantumu meningkatkan diri untuk memberikan yang terbaik bagi anak-anakmu.

Karena itu, alih-alih berusaha menjadi orangtua yang sempurna, kamu justru bisa menjadi menjadi orangtua yang baik dan efektif. Untuk membuat semuanya lebih mudah bagi, Fimela merangkung 5 hal yang bisa kamu jadikan kebiasaan terhadap anak sehingg dapat membuatmu menjadi orangtua yang efektif. Berikut penjelasannya seperti dilansir dari situs Boldsky, Rabu (22/1/2020).

1. Buat Beberapa Aturan untuk Diikuti

Aturan tidak hanya dimaksudkan untuk menunjukkan ketegasan dan kewarasan, tetapi juga untuk memastikan bahwa anak-anak menjadi stabil dan sopan saat tumbuh dewasa. Orangtua yang baik akan selalu tahu apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan oleh anak-anaknya.

Tidak diragukan Anda mencintai anak-anak Anda lebih dari apa pun dan Anda tidak ingin menyakiti mereka. Tetapi penting bagi Anda untuk menegakkan nilai-nilai dan etika yang diperlukan sambil meminta anak-anak Anda untuk mengikuti aturan. Ini akan membantu anak-anak Anda mengetahui pentingnya waktu, uang, rasa hormat, dan anggota keluarga.

2. Usahakan Tetap Fleksibel

Sekarang menetapkan aturan dan meminta anak-anak Anda untuk mengikuti aturan itu tidak berarti Anda harus menjadi batu. Anda bisa murah hati dan fleksibel kepada anak-anak Anda sambil membuat mereka mengikuti aturan. Misalnya, Anda telah menetapkan aturan bahwa anak-anak Anda harus bangun jam 6:00 pagi. Jika karena alasan tertentu anak-anak Anda tidak bangun tepat waktu maka hindari menamparnya. Sebagai gantinya, Anda bisa menanyakan alasan mereka tidak banguun. Mungkin anak-anak Anda tidak bisa tidur nyenyak di malam hari atau mungkin mereka tidak sehat.

Tetapi jika anak-anak Anda mengulangi hal yang sama berulang-ulang maka Anda dapat menunjukkan ketegasan tetapi pastikan itu hanya dimaksudkan untuk mendisiplinkan mereka.

3. Berikan Cinta dan Dukungan untuk Mereka

Anak-anak Anda selalu menghormati Anda untuk setiap kebutuhan mereka. Tidak diragukan lagi Anda harus mencintai anak-anak Anda seperti apa pun, tetapi kemudian Anda harus menunjukkan cinta kepada anak-anak Anda. Peluk mereka saat Anda merasa kesal atau sakit. Anda juga bisa mencium dahi mereka sebelum berangkat sekolah. Ini akan membuat mereka merasa terhubung dengan Anda. Mereka akan menganggap Anda sebagai orang terdekat.

Bahkan jika anak-anak Anda sudah dewasa, menunjukkan cinta kepada mereka dapat melakukan keajaiban dan mereka akan selalu dekat dengan Anda. Ada orang tua yang menghindari menunjukkan kasih sayang dan cinta mereka untuk anak-anak mereka. Anak-anak tersebut dapat tumbuh menjadi orang yang tertutup dan pendiam. Atau mereka mungkin merasa tidak nyaman untuk membuka dan mengungkapkan masalah mereka.

 

4. Investasikan Waktu Anda dalam Berbicara dengan Mereka

Orangtua dan anak
Ilustrasi Orangtua dan anak/ copyright shutterstock.com

Sangat jelas bahwa Anda akan lelah dan lelah setelah Anda kembali dari pekerjaan atau menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Tetapi Anda perlu memahami fakta bahwa komunikasi yang efektif dengan anak-anak Anda dapat menjadikan Anda orang tua yang efektif dan baik. Bahkan jika Anda lelah dan perlu istirahat, cobalah untuk mengambil waktu dari jadwal sibuk Anda dan persembahkan untuk komunikasi yang baik dan efektif dengan anak-anak Anda.

Bahkan jika anak-anak Anda terlalu muda untuk berbicara dengan benar dan jelas, komunikasi dapat membantu mereka mempelajari kata-kata dengan lebih cepat. Juga, dengan cara ini anak-anak Anda akan selalu menanti-nanti untuk berbagi rahasia mereka dengan Anda.

 

5. Biarkan Anak-Anak Menghadapi Beberapa Tantangan

Orangtua dan anak
Ilustrasi Orangtua dan anak/ copyright shutterstock.com/anek.soowannaphoom

Tidak dapat disangkal bahwa orang tua tidak pernah ingin anak-anak mereka mengalami masa sulit atau menghadapi masalah. Tetapi membayangi anak-anak Anda sepanjang waktu tidak akan pernah menjadikan mereka pembuat keputusan yang lebih baik dan orang yang mandiri. Biarkan mereka memecahkan masalah mereka sendiri. Seperti Anda dapat meminta mereka untuk membersihkan kamar mereka sendiri atau merawat rumah dan hewan peliharaan selama Anda tidak ada. Anda juga dapat memberi mereka tanggung jawab untuk merawat adik-adik saat Anda tidak ada.

Tetapi jika anak-anak Anda sudah dewasa maka Anda dapat membiarkan mereka menghadapi situasi yang lebih kompleks. Seperti mengambil kakek-nenek untuk pemeriksaan rutin, bepergian sendirian di kali, membeli bahan makanan, menerima kerabat dari bandara atau stasiun kereta api dan banyak lagi.

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓