4 Tips Membantu Anak Bisa Lebih Percaya Diri

Endah Wijayanti14 Feb 2020, 16:45 WIB
menumbuhkan keberanian anak

Fimela.com, Jakarta Membangun kepercayaan diri bukan tugas yang mudah. Orangtua perlu berperan aktif dan positif dalam membantu anak untuk bisa lebih percaya diri. Kepercayaan diri merupakan salah satu bekal penting untuk membantu anak sukses di masa depannya dan itu perlu dipupuk sedini mungkin.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua untuk membantu anak lebih percaya diri. Melansir How to Raise a Confident Child with Grit via lifehack.org, anak yang cerdas belum tentu bisa sukses di masa depan, sebab jika tak memiliki motivasi dari dalam dirinya sendiri, mereka akan sulit untuk sukses. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua untuk membantu anak lebih percaya diri.

1. Memberi Dorongan Semangat

Misalnya, saat anak sedang belajar mengendarai sepeda. Bantu semangati dia untuk terus mencoba meski sudah beberapa kali jatuh. Dorongan semangat untuk membuat anak terus mencoba dapat membangun ketangguhan anak dan membantu meningkatkan rasa percaya dirinya. Dorongan mental yang kita berikan bisa membantu memperkuat mentalitasnya dalam mencoba hal baru.

2. Izinkan Anak Merasakan Kegagalan

Kita tak bisa selalu membantu dan memudahkan setiap usaha yang dilakukan anak. Izinkan anak merasakan kegagalan. Dengan merasakan kegagalan, anak bisa memiliki peluang untuk berusaha memperkuat diri untuk bangkit dan mencoba kembali. Kegagalan bisa cukup memalukan bagi anak. Namun, ketika anak bisa belajar dari kegagalan untuk mau mencoba lagi, ke depannya anak bisa memiliki mental yang lebih baik menghadapi situasi yang baginya tidak mengenakkan.

3. Fasilitasi Minat atau Bidang yang Disukai Anak

membaca nyaring
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Makistock

Cari tahu hal yang paling disukai atau diminati anak. Beri anak kesempatan untuk mencoba berbagai pengalaman dan aktivitas agar ia bisa menemukan hal yang benar-benar disukainya. Di sini, kita bisa bantu mengarahkan dan memfasilitasinya. Anak pun bisa lebih merasa bahagia dan bersemangat mencoba hal yang memang disukainya.

4. Puji Upaya yang Dilakukan Anak

Kerap kali kita memberi pujian pada anak atas hasil yang didapatkan. Jika fokus kita hanya pada hasilnya saja, maka ketika anak gagal, anak akan merasa tidak berguna. Cobalah untuk memuji upaya atau usaha yang sudah dilakukan anak. Memuji semangat dan kemauannya untuk mencoba hal baru pun bisa membuat anak merasa lebih percaya diri.

Anak-anak mudah meniru atau mencontoh orang-orang yang dekat dengannya, khususnya orangtuanya. Dalam hal kepercayaan diri, kita bisa jadi panutan mencontohkan tindakan atau sikap percaya diri supaya anak bisa mengikuti cara yang kita lakukan.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓