Rajin Makan Sayur Ini Turunkan Hipertensi dan Cegah Preklamsia pada Ibu Hamil

Febi Anindya Kirana22 Feb 2020, 10:16 WIB
kehamilan

Fimela.com, Jakarta Selama hamil, bukan hanya penting menjaga asupan makan yang sehat tetapi juga harus rutin memeriksakan kondisi kesehatan tubuh, salah satunya adalah mengetahui seberapa tinggi kadar tekanan darah tubuh.

Jika tidak dijaga dalam kadar normal, ibu hamil dengan tekanan darah tinggi berisiko besar mengalami preklamsia, yang memicu kelahiran prematur dan bahkan keguguran. Ada banyak makanan yang bisa meningkatkan tekanan darah seperti makanan bersantan, gorengan, berlemak dan terlalu asin.

Namun ada juga makanan yang bisa menjaga tekanan darah normal dan mencegah preklamsia, yaitu jamur. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Hypertension menemukan bahwa kandungan antioksidan alami di dalam jamur mampu menurunkan tekanan darah tinggi sehingga mampu mencegah gejala preklamsia.

Jamur bisa turunkan hipertensi dan cegah preklamsia

Jamur Kancing
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/ olhovyi_photographer

Ketua penelitian Cathal McCarthy, Ph.D., menyebutkan bahwa penelitian yang diujicobakan pada tikus ini menunjukkan antioksidan alami dalam jamur bernama L-ergothioneine mampu menurunkan tekanan darah, melancarkan perkembangan janin dan mencegah substansi merusak yang dilepaskan plasenta selama preklamsia.

Itulah mengapa, ibu hamil perlu banyak mengonsumsi jamur selama hamil, terutama jika ia rentan mengalami hipertensi. Penelitian lain juga menemukan bahwa makanan dengan tinggi serat bisa cegah preklamsia, seperti kacang-kacangan, buah dan sayuran.

Jadi, sebisa mungkin jaga makanan sehat dan banyak makan sayuran selama hamil agar bisa mencegah tekanan darah tinggi dan preklamsia ya Moms.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓