Waktu Paling Tepat Memberikan Nasal Spray pada Anak

Novi Nadya28 Feb 2020, 09:00 WIB
anak flu

Fimela.com, Jakarta Nasal spray atau obat semprot hidung adalah produk untuk saluran pernapasan bagian atas yang mempu meredakan gejala pilek dan flu. Salah satu produknya adalah Betadine® Cold Defence Nasal Spray yang mengandung bahan alami Iota Carageenan dari rumput laut merah.

"Riset menunjukkan jika Iota Carageenan memberikan manfaat terhadap infeksi virus saluran napas dengan cara mengikat dan menjebak virus di dalam rongga hidung, sehingga virus tidak dapat melekat pada mukosa dan bermultiplikasi," ujar Dokter Spesialis Anak Dr. dr Nastiti Kaswandani, Sp.A (K) di acara Rangkaian Kebaikan Alam BETADINE® di Plataran Menteng, Kamis (28/2).

Studi lainnya juga menunjukkan jika Iota Carrageenan dapat mengurangi jumlah virus, durasi gejala, dan kekambuhan sehingga dapat digunakan sebagai alternatif menghadapi infeksi flu atau penyebab common cold (selesma) lainnya. Sebab seringkali anak mendapatkan pengobatan antibiotik yang tidak perlu karena gejala selesma, padahal selesma dapat sembuh dengan sendirinya.

"Saluran pernapasan bagian atas, terutama pada anak merupakan organ tubuh paling mudah terpapar virus seperti influenza. Ketimbang orang dewasa, anak kecul lebih mudah terserang virus karena sistem kekebalan tubuhnya belum sempurna," lanjutnya.

 

Kapan Waktu Terbaik Pakai Nasal Spray?

Betadine® Cold Defence Nasal Spray
Betadine® Cold Defence Nasal Spray

Orangtua pun harus pandai-pandai menjaga kesehatan saluran pernapasan bagian atas atau Upper Respiratory Tract Infection (URTI). Lantas kapan waktu terbaik untuk memberikan nasal spray pada anak?

"Nasal spray bisa dipakai saat menemui early symptom seperti bersin-bersin. Bisa jadi karena ada temannya di playgroup yang pilek jadi anak ikut terpapar, yang kita harapkan ia jadi enggak ikutan pilek," ujarnya lagi.

Betadine® Cold Defence Nasal Spray diperuntukkan untuk anak usia satu tahun ke atas. Untuk kenyamanan pemakaian, posisi yang disarankan adalah duduk dan setengah duduk.

 

Simak Video Menarik Berikut Ini;

#ChangeMaker 

Lanjutkan Membaca ↓