Pengobatan untuk Mengurangi Nyeri Punggung Selama Hamil

Anisha Saktian Putri21 Mar 2020, 15:00 WIB
Berbahayakah Kolesterol Tinggi pada Ibu Hamil? (Wavebreakmedia/Shutterstock)

Fimela.com, Jakarta Dalam sebuah survei terhadap 275 perempuan sebelum Minggu ke-12 kehamilan, ditemukan bahwa perempuan hamil mengalami nyeri punggung bawah. Temuan survei menunjukkan bahwa nyeri punggung bawah pada perempuan hamil dapat dikelola dengan melakukan gerakan fisik dasar.

Sebagai contoh, tindakan sederhana mengubah cara berdiri dapat diubah sehingga dapat mengurangi berat badan. Mengambil istirahat yang cukup juga sangat dianjurkan. 

Aturan praktis yang harus diikuti ketika hamil adalah mengikuti setiap instruksi doktermu. Serta Jangan pernah mencoba apa pun hanya karena itu berhasil untuk teman atau tetangga sebab fisik seseorang berbeda. Lalu, Identifikasi dan perawatan dini sangat penting.

 

Perawatan Nyeri Punggung Pada Ibu Hamil 

Kehamilan
Ibu hamil | Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Pengobatan nyeri punggung bawah pada ibu hamil bisa mengikuti langkah-langkah umum tertentu, seperti yoga, pijat, relaxasi, olahraga, akupuntur, physioterapi, atau perawatan farmakologis

Adapula tips yang meredakan nyeri punggung bawah, walaupun tidak dapat sepenuhnya dihilangkan. Diantaranya, tidur yang benar, hindari tidur telentang, kenakan alas kaki yang nyaman. Hindari memakai sepatu hak tinggi, sepatu yang tidak memberikan dukungan yang memadai untuk kaki tidak baik untuk punggungselama kehamilan. 

Jika harus mengambil sesuatu, sahabat Fimela bisa membungkuk untuk mengambilnya. Ide yang lebih baik adalah mencoba berjongkok sebagai gantinya. Berolahraga dengan benar. Mintalah dokter  untuk membantu latihan punggung dan perut yang dapat dilakukan dengan aman.

Jangan pernah melakukan latihan apa pun sampai  mendapat persetujuan dokter. Sahabat Fimela dapat mengenakan sabuk pendukung di bawah perut bagian bawah. Beristirahatlah sebanyak yang kalian bisa. Dan terakhir, saat duduk atau berbaring di tempat tidur,  dapat mengangkat kakimu.

 

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓