Jenis-Jenis Permainan agar Anak Semakin Aktif tanpa Harus Keluar Rumah

Endah Wijayanti19 Mar 2020, 09:58 WIB
Diperbarui 19 Mar 2020, 09:58 WIB
main di dalam rumah

ringkasan

  • Freeze Dance
  • Book-Worm Workout
  • Petak Umpet
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Bermain adalah aktivitas yang sangat menyenangkan bagi anak. Bahkan kegiatan bermain bisa memberi manfaat dan membuat anak tetap aktif bila dilakukan dengan tepat. Daripada membiarkan anak terlalu banyak menghabiskan waktunya bermain dengan gawai, coba tawarkan beberapa pilihan permainan menyenangkan kepad anak.

Orangtua bebas melakukan kreasi dan modifikasi untuk berbagai jenis permainan. Bisa disesuaikan dengan situasi dan kondisi masing-masing. Bisa juga dengan memanfaatkan bahan-bahan atau alat-alat yang ada di sekitar kita. Pada waktu-waktu tertentu, anak bisa diajak untuk main di luar rumah. Daniel Goelman dalam buku Social Intelligence menyebutkan bahwa suatu tanda sederhana bahwa seorang anak merasa ia memiliki tempat perlindungan yang aman adalah keluar bermain. Dari kesenangan yang didapatkan dari pengalaman bermain, anak-anak bisa mendapat sejumlah manfaat yang positif untuk tumbuh kembangnya.

Namun, ketika belum memungkinkan untuk main di luar rumah, main di dalam rumah pun bisa dilakukan. Anak-anak bisa tetap aktif dengan bermain di dalam rumah. Berikut ini beberapa jenis permainan yang bisa dipilih agar anak semakin aktif.

1. Freeze Dance

Siapa yang tak suka berjoged saat mendengar musik? Permainan yang satu ini dijamin bisa membuat anak bersemangat dan aktif bergerak. Melansir todaysparent.com, aturan permainan freeze dance ini simpel, yaitu anak harus berjoged saat musik diputar dan berhenti saat musik berhenti. Bagi yang melanggar aturan, seperti tetap bergerak saat musik berhenti, maka ada "hukuman" yang harus diberikan.

2. Book-Worm Workout

Kegiatan membaca cerita tak harus selalu membosankan. Kita bisa membuatnya menjadi kegiatan yang mendorong anak untuk bergerak aktif. Sebagai contoh, saat membacakan cerita The Cat in the Hat, setiap kali kata hat muncul atau diucapkan, maka anak perlu melompat di tempat. Cara ini bisa jadi variasi untuk membuat anak tidak gampang bosan saat membaca buku.

3. Petak Umpet

Tepat Pilih Mainan Anak dengan Tips Ini
Ilustrasi. (iStockphoto)

Permainan ini selalu seru dilakukan di mana pun dan kapan pun. Kegiatan mencari dan bersembunyi dapat membuat anak aktif dan bergerak kesana-kemari. Anak-anak pun bisa lebih kreatif dalam memilih tempat persembunyian di dalam rumah. Dengan ruang terbatas, anak-anak akan memutar otak untuk cari tempat persembunyian yang paling tepat.

4. Berburu Harta Karun

Sembunyikan beberapa hadiah kecil di sejumlah tempat. Lalu, minta anak untuk mencari harta karun yang dimaksud. Kita bisa menambah keseruannya dengan membuatkan peta atau menambahkan hadiah bagiy yang berhasil mendapatkan harta karun terbanyak.

5. Mengikuti Tarian dari Video

Manfaatkan internet untuk mendapatkan berbagai video tari yang menarik. Bersama-sama dengan anak, coba pilih sebuah video tari lalu ikuti setiap gerakan. Bagi yang gerakannya aneh maka harus dihukum dengan mencoret muka menggunakan bedak. Kegiatan ini juga bisa jadi pengganti olahraga. Apalagi kalau gerakan tarinya lucu dan kreatif, maka kegiatannya akan makin seru.

Kegiatan bermain selalu disukai anak. Untuk membuat anak tetap aktif bergerak, berbagai jenis pilihan permainan bisa dipilih. Kita pun bisa membuat banyak kreasi dan modifikasi dari setiap jenis permainan yang ada.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓