3 Cara Mudah Agar Memasak Bersama Anak Lebih Menyenangkan

Karla Farhana06 Apr 2020, 10:00 WIB
[Fimela] memasak bareng anak

Fimela.com, Jakarta Menyebarnya COVID-19 dengan cepat membuat seluruh anggota keluarga tetap berada di rumah. Mereka yang memiliki anak kecil memerlukan banyak kegiatan yang menyenangkan agar tidak merasa bosan. Salah satu kegiatannya adalah memasak bersama. Memasak dengan anak-anak merupakan salah satu cara untuk mengajarkan keterampilan hidup yang penting.

Menurut Jennifer Tyler Lee, pakar nutrisi, pencipta permainan anak-anak, dan penulis buku terlaris Half the Sugar, All the Love, ada tiga tips sederhana untuk menjaga anak-anak tetap terlibat di dapur dengan lebih banyak kesenangan dan tentunya mudah untuk dikelola agar tidak menciptakan kelacauan, seperti yang dilansir dari realsimple.com.

Buat kegiatan memasak sebagai permainan

"Semuanya lebih menyenangkan ketika kegiatan itu adalah permainan. Ini merupakan kunci untuk memasak bersama anak-anak di segala usia," jelas Tyler Lee. Gunakan acara TV favorit, seperti Chopped atau Sesame Street untuk menginspirasi tantangan memasak keluarga."Anak-anak kecil suka membayangkan apa yang ingin dimakan oleh karakter favorit mereka," tambahnya.

Ada banyak kesenangan dan kreativitas dalam membayangkan apa yang harus dibuat untuk karakter favorit mereka sebagaimana ada dalam masakan untuk karakter itu.

Resep sederhana seperti Froyo Pops dan smoothie adalah bisa kamu gunakan untuk memulai karena resepnya mudah dan cara membuatnya cepat. Libatkan juga anak-anak untuk mengatur dan mengukur bahan-bahan atau memasukkan bahan ke dalam blender.

Biarkan Anak yang Memimpin Sesi Memasak

[Fimela] memasak bareng anak
memasak bareng anak | pexels.com/@elly-fairytale-2164776

Membiarkan anak-anak memilih resep mana yang ingin dibuat atau bahan apa yang ingin dimasak menjadi salah satu cara positif untuk melibatkan mereka. Anak-anak dapat membantu memilih ide sarapan untuk rencana makan selama seminggu atau memilih sesuatu yang mereka ingin persiapkan untuk mengemil. Ini berarti menggunakan resep yang sederhana juga penting.

Tawarkan pilihan resep makanan ringan yang sederhana untuk disiapkan, seperti No Bake Energy Bites atau No Bake Cereal Bites. Dengan begitu, apa pun yang mereka pilih adalah sesuatu yang mudah untuk membuatnya. Mereka mengatur menu, memilih resep, dan memasak makanan. Semakin banyak kebebasan yang kamu berikan, semakin bermanfaat pengalaman bagi mereka dan juga untukmu.

“Membiarkan anak saya bertanggung jawab atas makan setiap minggu adalah cara sederhana bagi mereka untuk memimpin di dapur. Berbagi masakan membantu mereka mengembangkan keterampilan memasak penting yang akan memberikan kesempatan untuk menghargai atas kontribusi dalam mendukung keluarga," jelas Tyler Lee.

Jadikan memasak bersama sebagai pelajaran di sekolah

[Fimela] memasak bareng anak
memasak bareng anak | pexels.com/@elly-fairytale-2164776

Memasak dapat memberikan momen yang bisa dipelajari, terutama ketika kamu memilih untuk memasak bersama. Pelajaran matematika dan sains terletak di dalam setiap resep dan dapat membawa sukacita jika kamu mencarinya bersama.

"Untuk anak-anak prasekolah, mengukur bahan dapat diubah menjadi permainan aritmatika sederhana. Siswa sekolah menengah dapat meningkatkan atau menurunkan resep, menggunakan sedikit divisi sederhana atau multiplikasi," jelas Tyler Lee.

Sedangkan untuk kimia, resep rendah gula dalam Half the Sugar, All the Love dapat menginspirasi percakapan tentang ilmu makanan, misalnya seperti mengapa tekstur roti pisang berubah saat kamu mengeluarkan gula? Hal ini merupakan cara untuk bersenang-senang meneliti bersama dengan anak-anakmu. Jika kamu mencoba mencari cara agar anak-anak Anda tetap belajar di lingkungan pembelajaran jarak jauh ini, memasak bisa menjadi alternatif untuk melakukannya.

“Kita semua menghabiskan lebih banyak waktu memasak hari ini, jadi mengapa tidak mengubahnya menjadi kesempatan untuk waktu keluarga yang berkualitas bersama? Karena ini adalah berkah dari situasi krisis yang sedang terjadi dan kesempatan untuk mengubah waktu yang menantang menjadi kenangan positif bagi anak-anak kita," jelas Tyler Lee.

#ChangeMaker

Penulis: Rafinda Eki Puspitasari

Lanjutkan Membaca ↓