Sukses

Parenting

5 Cara Mengasuh Anak saat Pandemi Virus Corona dari KPAI

Fimela.com, Jakarta Situasi pandemi virus corona atau Covid-19 menyebabkan anak-anak dan sebagian besar orangtua menghabiskan waktu di rumah. Mulai dari belajar hingga bermain. Hal ini dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus Corona lebih luas lagi.

Menurut Rita Pranawati, MA, Wakil Ketua KPAI/Komisioner Bidang Pengasuhan keberadaan anak di rumah dengan orangtua dalam situasi virus corona berdampak pada pola kehidupan baik anak maupun orang tua. Sebagian besar orang tua bekerja dari rumah dan anak menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Perubahan pola hidup ini menjadi tantangan tersendiri bagi keluarga, namun banyak pula aspek positifnya jika dijalani dengan sabar, kreatif, dan menyenangkan. "KPAI menilai bahwa momentum kebersamaan anak dan orang tua saat ini menjadi momentum berharga kebersamaan anak dan orang tua. Jarang-jarang waktu dihabiskan bersama seluruh anggota keluarga," ujarnya kepada Fimela.com.

 

Cara pengasuhan

1. Komunikasi

Intensitas komunikasi anak dan orang tua sangat tinggi selama anak di rumah. Orangtua harus lebih sabar untuk mendengar apa yang dirasakan anak dan memberi masukan mengingat bahwa anak juga mengalami kebosanan berada di rumah. Dengan komunikasi yang baik, maka anak juga akan merasa lebih nyaman berada di rumah.

2. Membantu mengatur jadwal

Keberadaan anak di rumah juga memerlukan pendampingan secara khusus karena mereka juga menjalani pembelajaran jarak jauh. Sebuah hal baru bagi kebanyakan anak-anak kita. Anak-anak yang Sekolah Dasar lebih banyak memerlukan pendampingan secara teknis, dan bagi yang SMP dan SMA, orang tua lebih membantu mereka mengatur jadwal harian mereka.

Orangtua penting untuk mengarahkan siswa membuat jadwal yang proporsional baik untuk pembelajaran jarak jauh, pemenuhan kebutuhan diri, hingga bermain dan refresing. Jika orang tua mengalami kesulitan karena tidak familiar dengan tugas dari sekolah, maka orang tua membantu mengkomunikasikan dengan guru agar tugas-tugasnya disesuaikan dengan kondisi daerah, lingkungan, dan kemampuan orangtua.

3. Penggunaan media digital

Anak-anak perlu diajak berbicara penggunaan media digital secara baik dan benar. Ada gap antara aturan sebelumnya menjauhi HP karena khawatir kecanduan game dengan hari ini yang harus mengajarkan penggunaan media digital secara baik dan benar untuk mendukung proses pembelajaran jarak jauh.

4. Mengajarkan keterampilan

Selama di rumah, orangtua penting untuk mengajarkan anak-anak keterampilan hidup sehari-hari agar anak-anak juga belajar mengurus diri sendiri. Orangtua perlu melibatkan anak pada pekerjaan rumah tangga sesuai umurnya. Ini adalah momen yang tepat untuk mengajarkan anak seluruh aktivitas pekerjaan rumah secara lebih mandiri sesuai usianya.

Belajar memasak, membersihkan rumah, berkebun, dan beberes rumah adalah proses belajar bagi anak-anak. Orangtua perlu sekreatif mungkin membuat aktivitas yang menyenangkan dan beragam bagi anak. Orangtua perlu sabar dalam mengajarkan aktivitas rumahan ini. Penting untuk selalu diingat bahwa anak-anak dalam tahap belajar sehingga orangtua perlu memahami kondisi anak.

5. Mengajarkan pola hidup sehat

Orangtua dapat mengajarkan pola hidup bersih dan sehat. Orangtua dapat memulai dari membiasakan diri mencuci tangan dengan benar, mengganti baju dan mandi setelah bepergian, serta bersin dengan cara yang benar. Selain itu, membiasakan pola makan sehat dan gizi seimbang juga bagian dari menjaga kesehatan.

Olah raga dan berjemur tanpa harus bereksplorasi di luar juga penting  dilakukan anak-anak. Orang tua perlu menjelaskan sesuai usia anak terkait kondisi pandemi Covid 19 agar anak merasa tenang dan menjauhi kepanikan.

6. Sekreatif mungkin

Orangtua perlu sekreatif mungkin menjaga situasi kondusif di rumah agar anak-anak nyaman di rumah. Ayah dan Ibu perlu saling dukung membersamai dan mendampingi anak, serta mengurus pekerjaan rumah tangga. Kebersamaan dan kekompakan orang tua akan memberi efek positif bagi kenyamanan dan keceriaan anak-anak di rumah selama pandemi Covid 19.

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading