5 Tips Lebih Cepat Pulih setelah Operasi Caesar

Endah Wijayanti04 Apr 2020, 10:45 WIB
muntah pada bayi

ringkasan

  • Menggunakan Aromaterapi Lavendel
  • Pijat Tangan dan Kaki
  • Minum Cukup Air Putih
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Butuh waktu berminggu-minggu untuk pulih total setelah operasi caesar. Untuk lebih cepat pulih, pastinya perlu mengikuti arahan dari dokter. Dokter akan memberi perawatan atau mungkin obat-obatan untuk mempercepat proses pemulihan.

Ada juga beberapa upaya yang bisa kita lakukan sendiri agar bisa lebih cepat pulih setelah operasi caesar. Upaya yang bisa kita lakukan adalah yang berkaitan dengan mengatur kebiasaan yang lebih baik. Melansir universityhealthnews.com, berikut ini sejumlah upaya dasar yang bisa kita lakukan agar dapat lebih cepat pulih dari operasi caesar. 

1. Menggunakan Aromaterapi Lavendel

Aromaterapi menggunakan minyak esensial lavendel dapat bantu mengoptimalkan upaya pemulihan operasi caesar. Minyak esensial lavendel memiliki efek anti bakteri dan menenangkan karena dapat berinteraksi dengan reseptor sel saraf. Sebuah penelitian menemukan bahwa perempuan yang menghirup aroma minyak esensial lavendel setelah operasi caesar, rasa sakit yang dirasakan berkurang pada empat, delapan, dan 12 jam setelah timbulnya rasa sakit tersebut. 

2. Pijat Tangan dan Kaki

Pijatan pada tangan dan kaki adalah cara yang cukup efektif untuk redakan rasa sakit setelah operasi. Perempuan yang mendapatkan pijatan tangan dan kaki setelah operasi caesar mengungkapkan bahwa intensitas rasa sakitnya berkurang. Pijatan kaki selama lima menit pun bisa memberi dampak yang signifikan. Penelitian menunjukkan bahwa 20 menit pijatan dapat mengurangi rasa sakit.

3. Minum Cukup Air Putih

ibu hamil minum
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/gpointstudio

Setelah operasi caesar, banyak perempuan mengalami konstipasi yang pastinya tidak nyaman bahkan bisa menyakitkan. Minum cukup air putih untuk mencegah dehidrasi dan menjaga sistem pencernaan tetap lancar.

4. Konsumsi Makanan Seimbang

Asupan nutrisi yang didapat setelah operasi sangat memengaruhi proses pemulihan. Pastikan kebutuhan protein, buah-buahan, dan sayur terpenuhi. Makanan yang memiliki kandungan anti radang seperti kunyit, buah beri, sayuran hijau, dan ikan pun dapat dikonsumsi untuk mempercepat proses penyembuhan luka.

5. Tidur yang Cukup

Memang akan cukup sulit untuk mendapat tidur cukup setelah melahirkan. Kesibukan merawat bayi yang baru lahir mungkin akan menyita banyak waktu kita. Namun, tetap usahakan untuk mendapat istirahat dan tidur yang cukup. Dengan begitu, tubuh akan lebih cepat pulih.

Untuk merawat luka bekas operasi caesar, usahakan untuk mengikuti anjuran atau resep dokter, ya. Tetap upayakan yang terbaik untuk bisa lebih cepat pulih setelah melahirkan.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓