Peran Penting Seorang Ayah untuk Anak Perempuan

Gayuh Tri Pinjungwati06 Apr 2020, 16:15 WIB
ayah dan anak

Fimela.com, Jakarta Pola asuh yang baik adalah hal terpenting dalam kehidupan seorang anak. Orang tua membawa kita ke dunia ini, membesarkan, membantu menghadapi ketakutan, dan memiliki peran penting dalam bagaimana kita berkembang sebagai manusia. Baik ibu dan ayah adalah bagian penting dari perkembangan anak. Namun, ada ikatan khusus yang terbentuk antara ayah dan anak perempuan yang sangat kuat.

Tentu saja para ibu tidak diragukan lagi memiliki hubungan yang kuat dan paling unik dengan anak-anak mereka. Tetapi, ada sesuatu tentang hubungan anak perempuan dan ayah yang dapat memengaruhi kehidupan anak perempuan dengan cara yang mengubah hidup. Sosok pria pertama dalam kehidupan seorang perempuan adalah ayahnya. Beliau adalah perisai perlindungannya dan ini cinta pertamanya.

Sementara ibu memastikan kami memiliki semua yang kami butuhkan dan mengajarkan kami untuk menjadi baik dan lembut. Para ayah mengajari kamu bagaimana menjadi kuat dan tak kenal takut. Untuk tidak pernah menyerah terlebas dari betapa sulitnya mendapatkan hal-hal. Untuk belajar dari kesalahan kita dan selalu memberi seratus persen dalam semua yang kita lakukan. Berikut ini beberapa peran penting seorang ayah bagi anak perempuan.

Ayah Mendorong untuk Mengambil Risiko

Tentu saja,ada pengecualian terhadap aturan tersebut dan tidak semua orang memiliki ayah yang peduli di sisi mereka. Tetapi mengapa ayah memiliki dampak sangat besar terhadap perkembangan anak perempuan? Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Sosial Humaniora, anak perempuan dengan ayah yang tidak hadir lebih mungkin menderita masalah psikologis dan emosional dan mereka lebih rentan terhadap depresi dan kecemasan daripada mereka yang memiliki hubungan dekat dengan ayahnya.

Tidak diragukan lagi, keluarga memainkan peran besar dalam mempersiapkan seseorang untuk hubungan masa depan kita dengan orang lain. Dan anak perempuan belajar bagaimana menciptakan hubungan yang seimbang dengan pacar, pasangan dan orang lain dalam kehidupan mereka setelah bergaul dengan ayah dan saudara laki-laki mereka. Jadi biasanya hubungan merepotkan dengan seorang pria, depresi harga diri rendah sering datang sebagai hasil dari ayah yang lalai.

Mereka yang Memiliki Kedekatan dengan Ayah Cenderung Memiliki Pernikahan yang Stabil

ayah dan anak perempuannya
Ilustrasi/copyrighthshutterstock/Tom Wang

Hubungan yang sehat dan seimbang dengan ayah mencegah anak perempuan dari rasa takut untuk memasuki hubungan intim dalam kehidupan dewasanya. Jika seorang gadis memiliki pengalaman cinta yang positif dengan ayahnya di tahun-tahun awal perkembangannya, dia akan melakukan jauh lebih baik di kemudian hari. Ayah secara alami memiliki lebih banyak dampak terhadap bagaimana anak perempuan mereka hubungan dengan laki-laki daripada ibu.

Ini adalah alasan utama mengapa hubungan ayah-anak yang sehat memiliki pengaruh besar pada masalah dan interaksi interpersonal anak perempuan. Ayah yang peduli memiliki kepentingan unik dalam kehidupan anak perempuan mereka karena mereka berfungsi sebagai solusi yang kuat untuk mencegah bias pria. Oleh karena itu, anak perempuan yang dibesarkan dengan baik cenderung lebih stabil secara psikologis, lebih kompeten dan memberikan semua yang dia memiliki untuk memenuhi impian dan ambisinya. Sangat memilukan bahwa beberapa decade yang lalu, para ayah sering kali adalah orang-orang yang dibiarkan dengan peran semata-mata menyediakan kebutuhan keluarga, sementara ibu dianggap sebagai pengasuh utama dan satu-satunya. Namun, demikian sangat menenangkan mengetahui bahwa hari-hari ini peran sebagai ayah membawa makna  yang berbeda. Karena mengasuh anak adalah tanggung jawab kedua orang tua.

Menghabiskan Waktu yang Sama untuk Membesarkan Anak

Para ayah harus membangun lingkungan yang aman dan stabil bagi putrinya untuk melindungi kebutuhan fisik dan emosional mereka. Tindakan seorang ayah harus membuat putrinya percaya bahwa dia tidak perlu merasa takut untuk membagikan perasaannya. Anak perempuannya belajar untuk condong ke arah ayah yang dikenal sebagai orang yang akrab.

Sangat besar peran ayan untuk anak-anaknya terutama anak perempuannya. Tak jarang dari kita menemui seorang anak perempuan lebih dekat dengan ayahnya. Bahkan merasa tenang ketika berada didekat ayahnya.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓