Di Tengah Pandemi Virus Corona, Kini Konsultasi Kehamilan hingga Kesehatan Reproduksi Dapat Diakses Lewat Aplikasi Online

Anisha Saktian Putri10 Apr 2020, 15:30 WIB
ibu hamil

Fimela.com, Jakarta Dikutip dari situs World Health Organization (WHO), ibu hamil dinilai lebih rentan terpapar virus corona atau Covid-19 karena adanya perubahan pada tubuh dan sistem imunitas yang berpengaruh cukup signifikan akibat beberapa penyakit infeksi saluran pernafasan.

Sehingga, penting bagi ibu hamil untuk melakukan langkah preventif ekstra demi melindungi diri dari virus corona. Melihat hal ini Halodoc berkolaborasi dengan Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia(POGI), hadirkan telekonsultasi khusus kehamilan dan kesehatan reproduksi di layanan chat with doctor di platform Halodoc.

kolaborasi ini, untuk melindungi masyarakat, terutama ibu hamil, agarmeminimalisir kunjungan ke fasilitas kesehatan selama masa penanggulangan Covid-19. Seluruh dokter yang tergabung di kanal khusus POGI akan siap memberikan konsultasi secara online.

Co- Founder Halodoc, Doddy Lukito mengatakan melalui kanal telekonsultasi khusus POGI, masyarakat terutama ibu hamil dapat mengurangi kunjungan ke rumah sakit apabila keluhan masih dapat ditangani secara jarak jauh.

"Upaya membatasi kunjungan ini juga dapat membantu fasilitas kesehatan dan tenaga medis untuk bisa fokus pada penanganan kasus COVID-19," ujar Doddy dalam siaran persnya.

Berkonsultasi dengan para dokter POGI

Berbahayakah Kolesterol Tinggi pada Ibu Hamil? (Wavebreakmedia/Shutterstock)
Berbahayakah Kolesterol Tinggi pada Ibu Hamil? (Wavebreakmedia/Shutterstock)

Sekretaris Jenderal Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, Sp. OG (K), MPH menjelaskan, dikanal telekonsultasi khusus ini, pengguna bisa berkonsultasi dengan para dokter yang tergabung dalam POGI, yang memiliki panduan telekonsultasi klinis khusus dan menjalankan konsultasi sesuai pedoman rekomendasi penanganan COVID-19 pada maternal (hamil, bersalin, dan nifas) dari WHO, Kementerian Kesehatan, dan POGI.

Selain konsultasi soal kondisi kesehatan kandungan (obstetri), masyarakat juga bisa berkonsultasi seputar kesehatan reproduksi (ginekologi), seperti siklus menstruasi dan menopause, perencanaan program keluarga berencana, keluhan tumor jinak pada sistem organ reproduksi wanita (kista ovarium hingga kanker), infeksi menular seksual, hingga disfungsi seksual.

Sebelumnya, bidang obstetri dan ginekologi sudah tersedia di layanan chat with doctor Halodoc. "Melalui penambahan kanal khusus POGI ini diharapkan masyarakat semakin mudah untuk berkonsultasi keluhan di bidang terkait, utamanya yang berhubungan langsung dengan penanganan di masa penanggulangan COVID-19," papar dr. Budi

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓