6 Tips Mudah Bicara pada Anak Tentang Kesehatan Mental

Annissa Wulan18 Mei 2020, 07:00 WIB
Hari Anak Nasional: Belajar Jadi Ibu yang Pengertian

Fimela.com, Jakarta Menurut para pakar, pembicaraan terbuka dan berkelanjutan tentang kesehatan mental pada anak adalah kunci untuk mengembangkan kesehatan psikologis mereka. Ini akan membantu anak untuk lebih sadar diri.

Terutama di tengah kondisi yang serba tidak pasti seperti saat ini adalah waktu yang sangat tepat untuk mulai berbicara pada anak. Dilansir dari sheknows.com, Minggu (17/5/2020), berikut ini adalah beberapa tips mudah bicara pada anak tentang kesehatan mental.

1. Bangun kapasitas untuk mendiskusikan kesehatan mental sedini mungkin

Sebelum memulai percakapan dengan anak, penting untuk membangun fondasi kepercayaan yang kuat. Kamu harus memastikan anak memiliki dasar kepercayaan padamu untuk penyesuaian emosi mereka.

Kamu harus terbiasa dengan emosimu sendiri untuk mengembangkan hubungan yang lebih sehat dan baik dengan kesehatan mental diri sendiri. Anak membutuhkan orang dewasa yang selaras dengan kebutuhan emosional mereka. Kehadiran dan bahasa tubuh akan membentuk infrastruktur ketahanan psikologis dan kesehatan mental.

2. Membantu anak merakit perasaan mereka

Bantu anak untuk mulai mengembangkan kosakata sehingga mereka dapat memahami pengalaman internal mereka sendiri dan membicarakannya dengan orang lain yang dipercaya. Cara ini akan membantu anak menjadi lebih terbiasa dengan apa yang mereka rasakan setiap hari dan pada akhirnya mengidentifikasi perasaan orang lain juga.

 

 

3. Menjelaskan bagaimana anak dapat melihat emosi mereka sendiri

keluarga
ilustrasi ibu dan anak/Photo by César Abner Martínez Aguilar on Unsplash

Kamu juga bisa membantu anak untuk mengartikulasikan, mengelola, dan melihat emosi mereka dari sudut pandang yang lebih positif. Temukan cara agar anak bisa mengelola perasaan mereka dengan lebih sehat, bukan menghindarinya.

4. Jangan menstigmatisasi penyakit mental

Ketika berbicara tentang kesehatan mental pada anak, jangan menstigmatisasi penyakit mental dengan cara apapun. Bantu anak untuk mengembangkan kasih sayang mereka.

5. Beri contoh seperti apa hubungan dan kesehatan mental yang sehat

Ibu dan anak
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Tom Wang

Jangan hanya bicara, namun tunjukkan bagaimana caramu dalam menjaga dan mengatur emosi, serta kesehatan mental diri sendiri. Cara ini akan membuat kamu lebih mudah dalam berkomunikasi dengan anak.

6. Menjadikannya rutinitas

Terapkan percakapan dan kosakata tentang kesehatan mental ke dalam interaksi harian dengan anak. Diskusikan tentang perasaan dan kesehatan mental yang dialami sehari-hari.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓