4 Manfaat Mendampingi Anak Bermain Gadget

Anisha Saktian Putri30 Mei 2020, 15:00 WIB
Pantau anak bermain gadget menggunakan aplikasi

Fimela.com, Jakarta Di era modern seperti saat ini penggunaan gadget memang tidak dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Penggunanya pun dari semua golongan, termasuk anak-anak.

Bermain gadget untuk anak-anak dapat mengasah kemampuan berbahasa, mengikuti perkembangan, hingga mengurangi stres. Namun, orangtua tetap harus mendampingi agar anak tidak terpapar hal negatif dari internet.

Selain itu, orangtua juga akan mendapatkan manfaat saat mendampingi anak bermain gadget. Apa saja? Mari kita simak, dilansir dari beberapa sumber yang dirangkum Fimela, Sabtu (30/5/2020).

1. Memperkuat ikatan antara orangtua dan anak

Bonding atau kedekatan orangtua dan anak akan terjalin kuat ketika mengawasi anak bermain gadget. Dengan begitu perkembangan anak pun akan optimal. Anak akan merasa aman dan dicintai.

2. Komunikasi baik

Anak kecanduan gadget
Anak kecanduan gadget/copyright: shutterstock

Ketika mendampingi anak bermain gadget, tentu komunikasi akan terjalin. Seperti orangtua bisa berdiskusi tentang apa yang sedang ia lihat di gadgetnya. Hingga dapat berinteraksi melalui dunia maya, jadi orangtua dapat dengan mudah memantau aktivitas anak saat bermain gadget. Dengan begitu, komunikasi akan baik antara keduanya.

3. Update tentang informasi terkini

Orangtua akan mendapatkan informasi terbaru saat mendampingi anak bermain gadget. Orangtua juga perlu belajar tentang berbagai teknologi dan informasi terkini agar tidak ketinggalan zaman. Terus mengikuti perkembangan dunia akan memudahkan orangtua melakukan pengawasan pada anak.

4. Mempererat Ikatan Emosional

Berbagi momen bersama, terutama di masa-masa perkembangan anak sangatlah penting. Begitu pun ketika mendampingi anak bermain gadget.

ketika mendampingi anak, dapat mempererat ikatan emosional yang lebih dalam antara orang tua dan anak. Ikatan tersebut dapat menjadikan si Kecil lebih nyaman dengan lingkungannya, sekaligus merasa mendapatkan dukungan terbaik dari orang tuanya. Ikatan yang baik di rumah dapat menjadi modal bagi anak untuk melatih kemampuan sosial dan emosi saat besar nanti.

 

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓