4 Tips Mengatasi Gangguan Sembelit Bagi Ibu Hamil

Gayuh Tri Pinjungwati29 Jun 2020, 10:45 WIB
ibu hamil minum

Fimela.com, Jakarta Konstipasi, kesulitan buang air besar secara teratur adalah gejala umum pada kehamilan. Beberapa perempuan akan mengalami konstipasi sejak awal kehamilan, karena hormon-hormon kehamilan dapat memperlambat sistem pencernaan. Hal tersebut dapat membuat tidak nyaman sebagian perempuan hamil yang mengalaminya. Ada beberapa perubahan gaya hidup yang dapat membantu Mom untuk menghindari dan mengatasi sembelit seperti berikut ini.

Minum Lebih Banyak Air

Minum air putih yang cukup dapat membantu buang air besar lebih sering dan tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Tetap terhidrasi memanglah hal yang paling penting bagi semua orang, terutama dalam kehamilan. Pastikan Mom dapat mencukupi asupan air setiap hari untuk menghindari masalah sembelit yang membuat tidak nyaman.

Makan Lebih Banyak Serat

Serat ditemukan dalam sumber makanan alami seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Makanan yang mengandung serat juga dapat membantu pergerakan usus menjadi lebih mudah mencerna makanan dan dapat mencegah sembelit. 

Lebih Banyak Berolahraga

Panduan Lengkap Ibu Hamil di Tengah Situasi Pandemi
(c) Shutterstock

Olahraga dikenal untuk membantu menjaga usus bergerak secara teratur. Ini bukan berarti harus berolahraga yang lebih keras. Cukup melakukan lebih banyak gerakan setiap hari agar meningkatkan fungsi usus. Mom mungkin dapat melakukan jalan-jalan di sekitar lingkungan atau berenenang, hal itu dapat meningkatkan detak jantung untuk kesehatan secara keseluruhan selama kehamilan.

Perhatikan Konsumsi Vitamin Prenatal

Beberapa obat dapat meningkatkan kemungkinan mengalami sembelit. Salah satu penyebab utama dalam kehamilan adalah vitamin prenatal yang mengandung zat besi. Seringkali vitamin prenatal dikonsumsi untuk membantu mencegah anemia. Jika memiliki masalah dengan vitamin, cobalah untuk konsultasikan dengan dokter, untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Sembelit saat hamil memang membuat tidak nyaman, ada baiknya untuk mencegahnya dengan beberapa hal sederhana dan tidak membahayakan janin. Jika perlu konsultasikan masalah ini dengan dokter kandungan untuk mendapatkan saran dan penanganan yang lebih tepat.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓