4 Jenis Permainan untuk Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Bayi Usia 7-12 Bulan

Endah Wijayanti06 Jul 2020, 08:15 WIB
bermain cilukba

Fimela.com, Jakarta Untuk menstimulasi atau mengoptimalkan tumbuh kembang bayi, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan bermain. Aktivitas bermain dapat membantu mendukung tumbuh kembang buah hati dengan lebih baik. Ada baiknya aktivitas bermain ini disesuaikan pula dengan usia si kecil.

Melalui permainan sederhana, tumbuh kembang bayi bisa lebih optimal. Mengutip buku Parenting tanpa Galau, ada empat jenis permainan yang cocok dan bisa dilakukan untuk menstimulasi tumbuh kembang bayi yang berusia 7-12 bulan. Selengkapnya, langsung simak infonya berikut ini.

1. Bermain dengan Cermin

Bayi selalu menyukai cermin. Bermain dengan cermin bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Ajak si kecil untuk tersenyum, menggoyangkan tubuh, dan membuat ekspresi serta suara lucu di depan cermin. Anak bisa ikut menirukan ekspresi dan gerakan  yang kita perlihatkan melalui cermin.

2. Bermain Cilukba

Permainan cilukba bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti menyembunyikan wajah dan menyembunyikan mainan. Bayi biasanya akan sangat senang dan bersemangat saat bermain cilukba. Beri kesempatan pada si kecil untuk menyembunyikan wajah dan dirinya juga.

3. Bermain Mengenal Tekstur dan Bentuk

bayi belajar jalan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/SUKJAI%2BPHOTO

Kenalkan anak pada berbagai tekstur benda sejak dini untuk meningkatkan kemampuan sensoriknya. Pengalaman sensorik anak bisa memengaruhi kemampuan intelektualnya di masa depan. Cara bermain untuk mengenal tekstur dan bentuk pun bisa dimulai dari cara mudah. Seperti dengan memberikan dua jenis benda yang berbeda bentuk dan tekstur pada anak. Lalu, biarkan si kecil memegang dan merasakannya. Berikan penjelasan tentang benda tersebut. Variasikan permainan dengan benda-benda lainnya.

4. Bermain Mengenali Tubuh

Pegang tangan si kecil dan tuntun ia untuk memegang dan merasakan bagian-bagian tubuhnya. Bisa sambil disebutkan nama-nama bagian tubuhnya. Menyanyikan lagu "Kepala, Pundak, Lutut, Kaki" juga bisa dilakukan sembari bermain.

Aktivitas bermain juga bisa menjadi media untuk belajar. Selama dilakukan dengan cara yang menyenangkan, si kecil pun pasti bahagia dan selalu bersemangat setiap kali mencoba permainan baru. 

 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓