7 Kebiasaan Anak dengan Kecerdasan Emosional yang Baik

Annissa Wulan15 Jul 2020, 15:30 WIB
anak pemalu

Fimela.com, Jakarta Selain kecerdasan akademik, anak juga harus diajarkan tentang kecerdasan emosional. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak yang cerdas secara emosional memiliki hubungan yang lebih baik dengan orang lain dan mendapatkan nilai yang lebih baik.

Sebagai orang dewasa, kecerdasan emosional berarti hubungan yang lebih berkualitas dan kesehatan mental yang lebih baik, dan perasaan yang lebih positif tentang apa yang sedang dikerjakan. Kabar baiknya, kamu bisa mengajarkan tentang kecerdasan emosional kepada anak sejak dini.

Dilansir dari huffpost.com, berikut ini adalah beberapa kebiasaan dari anak yang memiliki kecerdasan emosional. Penasaran?

1. Mereka menggunakan kosakata untuk mengidentifikasikan emosi

Anak dengan kecerdasan emosional akan mahir dalam mengenali emosi mereka sendiri dan secara verbal mengungkapkannya yang tidak hanya sekedar baik dan buruk.

2. Mereka mengenali emosi yang dimiliki orang lain

Kecerdasan emosional pada anak dapat membuat mereka merasakan bagaimana perasaan orang lain. Anak seringkali dapat menangkap isyarat nonverbal.

 

 

3. Mereka melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain

Ibu dan Anak
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Anak juga dapat melihat dunia dari sudut pandang orang lain jika mereka memiliki kecerdasan emosional. Ketika anak dapat memahami perspektif orang lain, mereka cenderung akan bersikap empatik, menangani konflik secara damai, tidak terlalu menghakimi, dan menghargai perbedaan.

4. Mereka sigap dalam membantu orang lain

Anak dengan kecerdasan emosional lebih cenderung memperhatikan orang lain dan mencari cara untuk membantu. Mereka akan lebih fokus pada kita daripada aku.

5. Mereka menggunakan alat untuk mengelola emosi

Anak dengan kecerdasan emosional lebih mampu mengatur perasaan mereka agar tidak lepas kendali. Mereka tidak reaktif dan impulsif, dapat berhenti sebelum bertindak berdasarkan emosi mereka.

6. Mereka tidak ada masalah untuk mengatakan tidak kepada orang lain

Ingatkan Pentingnya Kata Maaf dan Terima Kasih
Ilustrasi Orangtua dan Anak Credit: pexels.com/pixabay

Anak dengan kecerdasan emosional lebih mampu menetapkan batasan pribadi mereka. Mereka bisa bicara dan mengungkapkan keinginan mereka sendiri dengan cara yang tegas dan baik.

7. Mereka mempraktikkan rasa terima kasih

Anak dengan kecerdasan emosional belajar untuk bersyukur atas apa yang mereka miliki. Ketika mengucapkan terima kasih, mereka akan melakukannya secara spesifik.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓