Cara Aman dan Nyaman Tidur Bersama Bayi

Meita Fajriana10 Jul 2020, 07:00 WIB
Bayi Tidur

Fimela.com, Jakarta Berbagi tempat tidur dengan bayi masih menuai pro kontra. Pasalnya hal ini dapat membahayakan si kecil. Namun di Indonesia, para orangtua masih belum terbiasa untuk berpisah tempat tidur dengan bayi yang baru saja lahir.

Tidur bersama bayi tidak selamanya buruk, karena bisa membangun kedekatan si kecil dengan ayah dan ibunya. Selain itu, bayi akan merasa lebih nyaman dan tidak merasa sendiri. Namun kamu harus melakukannya dengan memperhatikan beberapa hal agar anak nyaman dan aman berbagi tempat tidur dengan orangtua.

Seperti dilansir dari situs KidsHealth, Jumat (10/7/2020), berikut beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memutuskan untuk tidur bersama bayi.

1. Jika bayi berusia di bawah 4 bulan cari alternatif dengan menempatkan keranjang atau tempat tidur bayi di sebelah orangtua adalah yang terbaik.

2. Posisikan bayi tidur dalam keadaan terlentang untuk menghindari dari resiko kematian bayi mendadak atau dikenal dengan Sudden infant death syndrome (SIDS).

3. Beri bayi pakaian yang nyaman dan tidak terlalu tebal untuk menghindari suhu yang terlalu panas sehingga menjadi gerah.

 

4. Jangan taruh bayi di kasur yang terlalu lembut

bayi tidur
Intip cara nyaman dan aman tidur bersama bayi/ copyright: unsplash/brytny

Hindari menempatkan bayi tidur di tempat yang terlalu lembut seperti kasur yang empuk, sofa, atau kasur air.

5. Pastikan sandaran tempat tidur tidak memiliki celah yang memungkinkan kepala bayi terjepit.

6. Hindari menggunakan bantal, selimut, dan perlengkapan tidur lainnya yang memiliki tekstur lembut. Jika bayi kedinginan kamu bisa memberikannya baju yang sedikit lebih tebal dibandingkan menggunakan selimut.

 

7. Jangan konsumsi alkohol dan obat tidur

bayi tidur
Intip cara nyaman dan aman tidur bersama bayi/ copyright shutterstock.com

Hindari mengonsumsi alkohol atau obat tidur yang membuat orangtua hilang kesadaran dan dapat menindih bayi.

8. Hindari menempatkan tempat tidur di dekat tirai yang bisa membahayakan bayimu.

9. Hindari tertidur dengan posisi bayi berada di dada ibu atau ayah.

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓