6 Rutinitas yang dapat Mengajarkan Anak Menjadi Lebih Mandiri

Gayuh Tri Pinjungwati10 Jul 2020, 13:35 WIB
anak mandiri

Fimela.com, Jakarta Kemandirian adalah pelajaran berharga yang akan digunakan anak-anak sepanjang hidup mereka. Tetapi kebanyakan anak-anak tidak belajar bagaimana menangani situasi dunia nyata. Jangan tunggu sampai anak-anak Mom remaja untuk mengajarkan mereka tentang kemandirian dan keterampilan hidup. Mengajarkan anak mandiri sejak dini perlu untuk dilakukan, misalnya seperti pengambilan keputusan dan kemudian mengembangkan setiap pelajaran setiap pelajaran keterampilan hidup dan kemandirian ketika anak mulai tumbuh. Berikut ini adalah beberapa rutinitas yang dapat mengajarkan anak menjadi lebih mandiri.

Keterampilan Pengambilan Keputusan

Membuat keputusan yang baik adalah keterampilan hidup yang menjadikan anak lebih mandiri. Ini perlu dipelajari sejak dini. Arahkan mereka melalui banyak langkah mengambil keputusan. Bantu mereka menimbang pilihan mereka, mengevaluasi pro dan kontra keputusan itu dan kemudian biarkan mereka membuat keputusan akhir untuk melihat bagaimana segala sesuatu berjalan dengan baik.

Ajarkan untuk Memperhatikan Kesehatan

Anak-anak akan melalui masa pertumbuhan dan perkembangannya, untuk itu ajarkan mereka untuk menjaga kesehatan dan kebersihan. Ajarkan anak untuk mandi, menggosok gigi, mencuci tangan, dan mengganti pakaian mereka, dan beri tahu alasan mengapa harus melakukan itu. Jelaskan mengapa kebersihan dan kesehatan selalu menjadi bagian penting dari hari-hari mereka. Ketika anak mulai mempelajari kemandirian, ajarkan mereka untuk membuat catatan yang memungkinkan mereka memeriksa setiap tugas saat mereka menyelesaikannya. Ketika kebiasaan sehat ini terbentuk dari waktu ke waktu, buanglah catatan dan anak-anak secara mental memeriksa tugas mereka sepanjang hari tanpa harus terus-menerus mengingatkan mereka.

Manajemen Waktu

anak mandiri
Ilustrasi/copyrisghtshutterstock/Dean Drobot

Setiap orang tua tahu betapa pentingnya manajemen waktu. Tetapi itu juga penting untuk anak-anak untuk mulai belajar manajemen waktu sejak dini. Tidak hanya cara untuk mengukur waktu, tetapi juga pada tugas dan membuat jadwal membantu membuat hari-hari yang lebih mudah. Hal ini akan membantu mereka memanfaatkan waktu dengan baik. Mulailah manajemen waktu mulaidari bangun tidur sesuai jadwal hingga melakukan kegiatan lainnya.

Manajemen Keuangan

Manajemen uang adalah masalah yang dihadapi orang dewasa. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk mulai mengajarkan anak-anak tentang uang, pentingnya dan cara mengelolanya sehingga mereka akan lebih siap ketika  mereka mulai mendapatkan pendapatan kerja mereka kelak. Ajari anak mengelola uang yang efektif sehingga mereka dapat belajar cara menabung, membelanjakan uang dengan bijaksana dan membuat perubahan untuk dirinya.

 

Membersihkan Rumah

anak mandiri
Ilustrasi/copyrightshutterstock/MIA Studio

Terkadang mudah bagi orang tua untuk melakukan semua pekerjaan rumah sendiri. Ini adalah kesempatan untuk mengajarkan anak bagaimana menjaga kebersihan rumah, yang pada akhirnya harus mereka ketahui ketika mereka dewasa dan membangun rumah tangga sendiri.

Mulailah dengan mengajarkan anak cara mencuci piring atau hal lain, gunakan peralatan yang aman untuk anak. Ajarkan pula anak untuk membereskan mainan mereka setelah mereka bermain. Berikan anak tanggung jawab untuk beberapa tugas kecil yang melatih mereka untuk menjaga kebersihan rumah. Tetapkan jadwal menata rumah untuk menjadikan rumah lebih bersih dan menjaidkan ini sebagai rutinitas mereka.

Mencuci

Jika memiliki anak, taka da salahnya untuk mengajarkan mereka cara mencuci, melipat dan menyimpan cucian mereka. Anak-anak usia 4 tahun dapat belajar banyak dengan membantu Mom mencuci pakaian seperti memilah dan memilih pakaian berdasarkan warna dan memahami tekstur. Ketika mereka tumbuh, anak-anak dapat mulai memasukkan pakaian mereka ke dalam mesin cuci dan memindahkannya ke mesin pengering. Untuk anak-anak sekolah dasar dapat belajar cara mengoperasikan mesin cuci dan pengering dan takaran deterjen yang diperlukan.

Mengajarkan anak mandiri sangat perlu, mungkin sebagian orang tua masih khawatir untuk mengajarkan anak melakukan tugas mereka. Tetapi jika kemandirian tidak diajarkan sejak dini, akan memengaruhi kehidupan mereka saat mereka beranjak dewasa kelak. Tentunya harus dengan pengawasan dari orang tua langsung untuk mengajarkan anak melakukan suatu tugas yang membantunya menjadi lebih mandiri.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓