4 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Bantal untuk Bayi

Gayuh Tri Pinjungwati11 Jul 2020, 16:15 WIB
bayi tidur

Fimela.com, Jakarta Perkembangan anak dapat membantu Mom menentukan apakah mereka cukup mampu untuk menggunakan bantal ataukah belum. Jika usia mereka masih kecil dan memiliki otot leher yang lemah, ada baiknya untuk menggunakan bantal bayi dengan ukuran yang sesuai dengan si kecil. Sebagai orang tua, Mom perlu memperhatikan bantal yang digunakan anak untuk tidur. Sebelum membeli bantal untuk anak, ada baiknya Mom mengetahui beberapa hal berikut ini.

Pilih Material yang Digunakan

Anak-anak biasanya lebih sensitif terhadap alergi lingkungan, harus tidur degan bantal hipoalergenik yang dirancang untuk mengurangi atau membatasi jumlah bakteri dan jamur yang dapat tumbuh di bantal dari waktu ke waktu. Mom juga dapat memilih bantal dengan bahan kapas organik karena bebas dari bahan kimia.

Isian Bantal   

Saat ini banyak bantal yang diisi dengan bahan ramah lingkungan seperti rami, tetapi itu bukan pilihan yang baik untuk balita, ini dapat berpotensi bahaya tersedak. Memilih bantal dengan isian serat sintetis atau busa lebih baik dan aman digunakan si kecil.

Bantal Dengan Berbagai Bentuk dan Motif

Bayi tidur
Ilustrasi/copyrightshutterstock/maramorosz

Banyak bantal anak dengan berbagai bentuk dan motif. Mom dapat memilih beberapa motif dan bentuk bantal yang lucu untuk si kecil. Tentunya tetap pilih bantal dengan dengan ukuran yang sesuai dan bahan yang aman untuk anak.

Perhatikan Ukuran Bantal

Anak balita tidak membutuhkan bantal dengan ukuran standar atau ukuran orang dewasa. Sebagian besar bantal balita berukuran 30 x 15 cm dan dengan ketebalan 13-18 inci. Ini lebih sesuai untuk kepala si kecil serta pilih tempat tidur yang nyaman.

Karena bayi masih memiliki otot leher yang lemah, ada baiknya bagi orang tua tetap memperhatikan bantal yang digunakan untuk menidurkan si kecil. Tentunya pertimbangkan beberapa hal seperti di atas.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓