Sukses

Parenting

Cara Lain Berkata Tidak pada Anak

Fimela.com, Jakarta Anak-anak masih memiliki rasa panasaran yang tinggi, banyak juga kegiatan yang ingin dilakukan. Terutama usia 1-5 tahun anak mulai bereksplorasi dan lebih kreatif.

Terkadang saking aktifnya, orang tau justru berkata "tidak" pada anak untuk melarangnya melakukan hal yang berbahaya, mengdisplinkannya. Sayangnya, sering berkata "tidak" justu membuat si kecil tidak percaya diri, menanamkan jiwa pemberontak, membuat anak sulit mengambil keputusan, hingga tidak berani berpendapat.

"Tetap boleh menggunakan kata tidak untuk melarang si kecil namun ketika anak benar-benar dalam bahaya. Jika pada hal-hal berbahaya dan sangat prinsip, tetap boleh menggunakan kata "tidak" demi keselamatannya," ujar Psikolog klinis, Dra. Ratih Ibrahim, M.M.

Lalu bagaimana cara lain berkata tidak pada anak? Sebaiknya gunakanlah kata-kata yang membuatnya juga lebih belajar. Terkesan bahasa santai, namun tetap tegas.

Misalnya, "Ibu tahu kamu suka permen tapi kalau terlalu banyak tidak baik untuk gigimu lho," atau "Waktu main handphonenya sudah habis, nanti kamu main lagi weekend depan,".

Atau saat anak menangis, jangan berkata "Jangan nangis" apalagi "Jangan cengeng". Baik gunakan kata-kata seperti "Kalau menangis mamah tidak mengerti apa yang dinginkan, jadi bicara saja agar mamah paham,".

Ketika anak main ingin main jauh, "Main di dekat rumah saja ya, nak".

Berikan alasan serta tanggung jawab

Cara melarang anak lainnya, sebaiknya berikan alasan yang meudah dimengerti. Atau berikan informasi mengapa hal tersebut tidak boleh dilakukan. Misalnya, saat di tempat umum anak tidak mau diam, baiknya jelaskan jika perilakunya akan mengganggu orang lain.

Atau ketika mengingikan mainanya yang cukup mahal, jelaskan baiknya uangnya ditabung saja, beri tahu anak manfaat dari menabung.

Anak-anak sering bermain dan menjatuhkan barang, ada baiknya saat menjatuhkan barang ajak anak untuk membersihkannya dengan begitu akan menanamkan rasa tanggung jawab. Dan anak pun akan merasa bahwa hal yang dilakukan tidak baik.

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading