4 Ciri Umum Anak Berbakat yang Harus Orangtua Ketahui

Gayuh Tri Pinjungwati14 Jul 2020, 13:45 WIB
anak berbakat

Fimela.com, Jakarta Mengindentifikasi sifat-sifat kognitif, sosial, emosional dan linguistik yang unik pada anak sebenarnya tidak terlalu sulit. Bahkan, bagi mata yang terlatih, bisa cukup mudah untuk menemukan anak yang berbakat. Bahkan bagi orang tua yang tidak begitu terlatih, mudah untuk memperhatikan bahwa seorang anak tidak seperti anak-anak lainnya. Meskipun begitu, para orang tua sering mempertanyakan apakaha anak mereka benar-benar berbakat. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri anak yang berbakat, yang perlu Mom ketahui.

Ciri Kognitif

Pertimbangkan betapa semangatnya anak tentang minatnya. Ketika dia mendapatkan hobi baru, dia akan menghabiskan banyak waktu berjam-jam untuk itu. Bahkan mereka akan mencari tahu dan tampak begitu minat terhadap suatu hal, mungkin ini adalah bakat dari seorang anak. Ciri kognitif lain yang membuat anak-anak menonjolkan bakatnya termasuk memiliki ingatan yang sangat baik, rentang perhatian yang panjang, keterampilan penalaran yang sangat baik dan kekuatan abstraksi, konseptualisasi yang berkembang dengan baik.

Anak mungkin juga dapat dengan cepat dan mudah melihat hubungan antara ide, objek atau fakta dan memiliki pemikiran yang fleksibel. Pemikiran anak-anak berbakat cenderung rumit dan mereka memiliki keterampilan memecahkan masalah yang sangat baik. Mereka belajar konsep dengan cepat dan dengan latihan dan pengulangan yang lebih sedikit daripada yang dibutuhkan rekan-rekan mereka.

Ciri Sosial dan Emosional

Anak-anak yang memiliki bakat yang menonjol dari teman sebanya dengan mengembangkan minat dalam masalah filosofis dan sosial. Mereka juga sangat sensitif, baik secara emosional maupun fisik. Mereka mungkin menangisi hal-hal kecil yang diabaikan oleh anak-anak lain. Selain itu, anak-anak yang berbakat menunjukkan keprihatinan mendalam tentang keadilan dan ketidakadilan. Mereka cenderung perfeksionis, energik, dan memiliki selera humor yang berkembang dengan baik. Mereka biasanya termotivasi secara intrinsik, artinya mereka menetapkan tujuan dan tantangan bagi diri mereka sendiri daripada untuk mendapatkan persetujuan orang lain.

Ciri Bahasa

anak berbakat
Ilustrasi/copyrightshutterstock/ANURAK PONGPATIMET

Ciri-ciri bahasa juga dapat membedakan anak yang berbakat. Mereka cenderung memiliki kosakata yang luas dan dapat membaca lebih awal dari teman sebayanya. Bahkan jika mereka membaca pada usia standar, mereka cenderung membaca dengan cepat. Mereka juga sering melontarkan pertanyaan.

Ciri Lain

Anak yang berbakat menikmati belajar hal-hal baru. Dia menikmati aktivitas intelektual. Dia kemungkinan akan lebih suka buku dan majalah yang ditujukan untuk anak-anak yang lebih besar dan mengadopsi sikap skeptik, kritis dan evaluatif. Anak-anak berbakat cenerung memiliki mental yang sangat cerdik.

Bila anak memiliki ciri-ciri di atas ada baiknya untuk membicarakan hal tersebut kepada guru atau pembimbing anak yang mungkin dapat membantu Mom melatih anak untuk mengasah bakat dan kemampuannya dengan baik.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓