3 Ide Permainan Edukatif yang Tepat Diberikan untuk Anak Perempuan

Meita Fajriana16 Jul 2020, 20:30 WIB
bermain dengan anak perempuan

Fimela.com, Jakarta Menjadi orangtua tentunya sebuah tantangan tersendiri. Tidak hanya membesarkan sehingga anak bertumbuh. Orangtua juga perlu memahami ilmu parenting untuk merangsang perkembangan otak dan emosional si kecil. Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah dengan memilihkan permainan yang tepat dan ikut bermain bersamanya.

Jika kamu memiliki anak perempuan, tentunya membutuhkan cara yang berbeda. Anak perempuan biasanya lebih lembut dan perasa. Mereka menggunakan rasa simpati karena hal ini adalah sifat dasar perempuah bahkan sedari mereka kecil.

Untuk kamu yang memiliki anak perempuan dan ingin mengajaknya bermain, dilansir dari situs Todaysparent, Kamis (16/7/2020), berikut tiga ide permainan edukatif yang bisa kamu mainkan bersama si kecil. Dukung tumbuh kembang sang anak dengan ikut bermain dan masuk ke dalam dunianya. Selamat mencoba sahabat Fimela!

1. Puzzles

Bermain puzzles atau teka-teki adalah permainan yang bagus untuk balita karena mencakup semua keterampilan seperti fisik dengan mulai dari membuat potongan-potongan itu cocok, kognitif yaitu benar-benar menyelesaikan puzzles, dan keterampilan emosional yaitu dengan mempelajari cara bersabar. Membangun puzzle juga dapat meningkatkan daya ingat anak, mengajar si kecil tentang berbagai bentuk, dan membantunya menetapkan dan menyelesaikan tugasnya.

 

2. One for You, One for Me

bermain dengan anak perempuan
Intip tiga ide permainan edukatif untuk anak perempuan/ copyright shutterstock.com

Permainan ini sangat tepat ketika akan mengajarkan anak untuk berbagi. Tumpukkan mainan, alat tulis, hingga bonekanya. Kemudian bermainlah dengan menyuruhkan mengambil satu dan memberikan padamu satu, sambil menyebutkan One for You, One for Me! Sediakan wadah untuk menampung benda-benda tersebut dalam permainan ini.

 

3. Hot and Cold

bermain dengan anak perempuan
Intip tiga ide permainan edukatif untuk anak perempuan/ copyright By PR Image Factory from Shutterstock

Carilah mainan apa yang sangat disukai si kecil, lalu sembunyikan. Minta anak untuk mencarinya di kamar. Jika mainan tersebut masih jauh dari jangkauannya teriakkan dingin atau Cold, sementara jika semakin dekat ucapkan panas. Saat si kecil frustrasi ketika belum menemukan mainan tersebut, kamu dapat menggenggam tangannya sembari menemaninya mencari mainan yang disembunyikan tersebut.

Permainan ini akan mempertajam keterampilan emosional anak. Mereka akan belajar kesabaran, ketekunan, dan pemikiran bahwa hanya karena tidak dapat melihat sesuatu, bukan berarti benda itu tidak ada di sana.

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓