4 Cara Membimbing Anak Menggunakan Internet Secara Positif

Anisha Saktian Putri03 Agu 2020, 09:30 WIB
anak/unspalsh ludovic

Fimela.com, Jakarta Saat ini anak-anak sangat bergantung dan membutuhkan internet untuk sekolah dari rumah. Dunia internet pun begitu luas, bukan hanya informasi positif saja yang bisa didapatkan, ada juga penipuan, bullying, berita hoax, hingga konten pornografi.

Untuk itu, sebagai orangtua penting sekali untuk membimbing anak secara tepat dalam hal penggunaan internet secara positif. Lalu apa saja yang harus dilakukan orangtua agar tetap aman menggunakan internet? berikut ulasannya dilansir dari berbagai sumber.

1. Beritahu adanya jejek digital

Ajarkan anak mengenai jejak digital, jelaskan jika apa pun yang diunggah di internet, baik foto, teks, video, akan tetap ada jejak digitalnya atau sulit untuk dihapus. Hal ini agar anak lebih berhati-hati ketika menggunggah konten dan memikirkan masak-masak.

Baiknya ajarkan anak untuk mengelola konten digital positif dengan baik, sebab bisa menjadi aset. Jejak digital bisa menunjukkan identitas, keterampilan, dan minat. Ini penting dalam era di mana perusahaan mencari pelamar untuk memeriksa identitas mereka dan memverifikasi kesesuaian data mereka. Dalam konteks ini, tidak memiliki jejak digital bisa sama tidak menguntungkannya dengan jejak digital yang dikelola dengan buruk.

2. Jangan membagikan foto ke orang yang tidak dikenal

Jelaskan dengan rinci mengapa tidak boleh membagikan foto pada orang yang tidak dikenal. Info seputar risiko ketika sebuah foto dapat disalahgunakan orang lain. Baiknya, kunci media sosial dan simpan password pribadi dan hanya orangtua yang mengetahuinya.

3. Waspada terhadap situs yang tidak dikenal

sekolah paud
ilustrasi anak bermain/Photo by Tanaphong Toochinda on Unsplash

Internet tidak selalu dipenuhi dengan informasi yang mendidik. Terkadang muncul situs-situs tidak dikenal. Baiknya beritahu anak jika langsung menutup situs tersebut.

4. Dampangi anak

Dampangin anak dan ajarkan apa yang tidak boleh dan boleh saat menggunakan internet. Beritahu jika situs-situs apa yang bisa digunakan. Jika anak bertanya berikan penjelasan perjalan, jangan menghakimi yang justru akan membuat si kecil penasaran.

 

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓